Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan komentari kasus korupsi timah.
Sumber :
  • Kemenko Marves

Luhut Baru Sadar Ada SIMBARA, Kasus Korupsi Timah Harvey Moeis dkk yang Garong Rp271 Triliun jadi Pelajaran untuk Bikin Sistem Baru

Jumat, 5 April 2024 - 09:36 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan buka suara soal kasus korupsi yang merugikan negara hingga Rp271 triliun.

Suami artis Sandra Dewi, Harvey Moeis, menjadi salah satu dari 16 tersangka dalam kasus megakorupsi tata niaga timah wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT Timah Tbk tersebut.

Kasus korupsi besar yang kini menjadi sorotan publik tersebut, ternyata baru menyadarkan negara akan pentingnya sistem informasi yang mengawal transparansi dan segala aktivitas pertambangan.

Luhut Binsar Pandjaitan secara langsung terpancing untuk memberikan komentar. Selain menyayangkan, Luhut menyadari bahwa Ia mengakui, tata niaga industri timah Indonesia saat belum tersistem secara digital layaknya industri batu bara.

Sebagaimana diketahui, Kementerian ESDM sebenarnya sudah memiliki Sistem Informasi Mineral dan Batubara Antar Kementerian/Lembaga atau SIMBARA.

"Rencananya, di tahun ini, nikel dan timah juga akan diintegrasikan dalam SIMBARA," ujar Luhut di media sosial miliknya pada Kamis (4/4/2023).

SIMBARA memungkinkan rangkaian proses tata kelola minerba dari hulu ke hilir, termasuk pemenuhan kewajiban pembayaran dan proses clearance di pelabuhan, dapat diawasi berbagai pihak.

Berita Terkait :
1
2 3 4 5 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:42
02:06
01:02
00:50
01:52
01:30
Viral