Anak-anak Brebes dapatkan sejumlah uang dari tradisi pecingan saat Hari Raya Idul Fitri setelah jalani puasa Ramadhan.
Sumber :
  • (tvOnenews.com/Tri Handoko)

Mengenal Tradisi Pecingan, Berkah Lebaran Anak-anak di Brebes setelah Sebulan Puasa di Ramadhan

Rabu, 10 April 2024 - 17:07 WIB

Brebes, tvOnenews.com - Berbagai tradisi menghiasi Lebaran, dari mulai ziarah kubur usai salat Ied hingga membagi-bagikan uang kepada anak-anak atau masyarakat Brebes, Jawa Tengah setelah menjalani puasa di Bulan Ramadhan yang dikenal dengan istilah tradisi pecingan.

Maka tidak heran saat Lebaran apa yang ditunggu anak-anak selain mengenakan baju baru dan kue Lebaran. Anak-anak di Brebes paling dinanti menunggu tradisi pecingan dari orang tua, saudara den kerabat, saat berkumpul di hari Lebaran.

Pemberian pecingan atau angpao kepada anak-anak oleh orang tuanya, diberikan sebagai bentuk hadiah setelah berpuasa selama satu bulan penuh sebagai salah satu tradisi di Brebes.

Salah seorang anak penerima pecingan Keysha (11), warga Kelurahan Pasarbatang, Kecamatan Brebes mengaku, paling dinanti yakni saat berkunjung ke rumah neneknya. Di mana kerabatnya kumpul dan membagikan angpao. 

Dalam sekejap dia pun menerima uang pecingan sampai Rp1 juta hingga Rp2 juta. Di mana uang pecingan yang didapat akan digunakan untuk membeli tas, boneka dan selebihnya akan ditabung.

"Saya dapat selain dari orang tua, juga dapat pecingan dari nenek, bude, dan tante. Alhamdulillah bisa buat beli tas, boneka dan ditabung di sekolah," kata Keysha, Rabu (10/4/2024) pagi.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:06
01:46
08:21
03:43
06:21
13:18
Viral