Dolar Terus Menguat ke Level Tertingginya Dalam 5 Bulan, Nilai Tukar Rupiah Dibuka Kian Melemah ke Level Rp16.307 per Dolar AS.
Sumber :
  • Antara Foto

Dolar Terus Menguat ke Level Tertingginya Dalam 5 Bulan, Nilai Tukar Rupiah Dibuka Kian Melemah ke Level Rp16.307 per Dolar AS

Rabu, 17 April 2024 - 08:19 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Gejolak keuangan di pasar keuangan dunia masih terus menekan pergerakan nilai tukar. Setelah dibuka terpuruk pasca libur lebaran, kurs rupiah hari ini kembali melemah terhadap dolar Amerika Serikat.

Sama seperti mata uang di kawasan Asia, pelemahan Rupiah hari ini terjadi di tengah kekhawatiran investor global terhadap ancaman krisis di Timur Tengah, terutama terkait memanasnya konflik antara Iran dan Israel

Pada Rabu (17/4/2024) pagi, kurs rupiah di pasar spot terpantau sudah melemah ke level Rp16.307 per dolar AS. Posisi ini lebih rendah dibandingkan dengan kurs tengah Bank Indonesia (JISDOR) kemarin di level Rp16.176 per dolar AS.

Kendati Bank Indonesia telah berupaya melakukan intervensi maksimal, sentimen negatif dari pasar global ternyata tidak mampu menahan pelemahan Rupiah. 

Pelemahan nilai tukar rupiah ini terjadi seiring dengan melemahnya mata uang global terhadap dolar Amerika Serikat. Sejak pekan lalu, indeks dolar telah menunjukkan peningkatan signifikan.  

Pada perdagangan tadi malam, indeks dolar Amerika Serikat bahkan terus menguat hingga ke level tertingginya dalam lima bulan terakhir. 

Dolar kembali menguat setelah Gubernur Bank Sentral AS Jerome Powell mengatakan bahwa pihaknya akan tetap mempertahankan suku bunga tinggi, sepanjang tingkat inflasi di negeri tersebut masih belum stabil.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:06
01:46
08:21
03:43
06:21
13:18
Viral