Hadapi Dampak Konflik Iran - Israel, Menteri Perindustrian Siapkan Insentif Untuk Industri Kimia Hulu Yang Dinilai Paling Terdampak.
Sumber :
  • Antara Foto

Hadapi Dampak Konflik Iran - Israel, Menteri Perindustrian Siapkan Insentif Untuk Industri Kimia Hulu Yang Dinilai Paling Terdampak

Kamis, 18 April 2024 - 11:37 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Pemerintah terus memitigasi dampak dari memanasnya geopolitik di Timur Tengah. Untuk menghadapi dampak dari ancaman konflik Iran - Israel,  Kementerian Perindustrian (Kemenperin) telah berbagai langkah insentif untuk sektor industri

Dalam jangka pendek, Kemenperin akan menyiapkan insentif impor bahan baku industri yang berasal dari Timur Tengah guna mengamankan industri manufaktur dari situasi geopolitik dunia yang tengah bergejolak.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita di Jakarta, menyebut insentif tersebut terutama diberikan bagi industri produsen kimia hulu yang mengimpor sebagian besar naphtha, dan bahan baku kimia lainnya dari kawasan Timur Tengah.

"Saat ini, Kemenperin berupaya memetakan solusi-solusi untuk mengamankan sektor industri dari dampak konflik yang tengah terjadi,” kata Agus Gumiwang tanpa merinci bentuk insentif apa yang akan diberikan.

Dia hanya menyampaikan bahwa relaksasi impor bahan baku tertentu dibutuhkan guna memberikan kemudahan memperoleh bahan baku, mengingat negara lain juga berlomba mendapatkan pemasok alternatif.

Dampak Gejolak

Akibat dari gejolak geopolitik di Timur Tengah, Agus Gumiwang menyebut tiga dampak yang dihadapi industri, yakni peningkatan harga energi, peningkatan biaya logistik, dan penguatan nilai tukar dollar Amerika Serikat. 

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
06:03
00:58
07:10
03:08
07:10
01:19
Viral