Ratusan Pedagang Pasar Akan Direlokasi Mulai 1 Mei 2024, Kementerian PUPR Siapkan Rp200 miliar Untuk Revitalisasi Pasar Banyuwangi.
Sumber :
  • Antara Foto

Ratusan Pedagang Pasar Akan Direlokasi Mulai 1 Mei 2024, Kementerian PUPR Siapkan Rp200 miliar Untuk Revitalisasi Pasar Banyuwangi

Kamis, 25 April 2024 - 22:30 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Proyek revitalisasi Pasar Induk Banyuwangi, Jawa Timur, akan segera mulai dikerjakan. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah mengalokasikan dana Rp200 miliar untuk merevitalisasi pasar tradisional ini menjadi pusat perbelanjaan dan kawasan heritage.

Seiring dengan dimulainya proyek revitalisasi Pasar Induk Banyuwangi, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuwangi akan segera memindahkan atau merelokasi 352 pedagang ke tempat sementara. 
​​​​​​
"Proses relokasi akan kami mulai 1 sampai 7 Mei mendatang, Pemkab juga menyiapkan armada untuk mobilisasi barang dagangan termasuk tenaga driver dan BBM-nya," kata Sekretaris Daerah Kabupaten Banyuwangi Mujiono di Banyuwangi, Kamis (25/4/2024).

Mujiono menjelaskan, pekerjaan revitalisasi Pasar Banyuwangi itu akan dimulai akhir Mei 2024, dan para pedagang akan direlokasi ke Gedung Wanita Paramitha Kencana dan areal sekitarnya.

Kawasan Budaya

Pasar Banyuwangi akan direvitalisasi menjadi pusat perbelanjaan dan destinasi heritage (budaya) yang terintegrasi dengan Asrama Inggrisan atau bekas kantor dagang Inggris.

"Revitalisasi Pasar Banyuwangi ini sepenuhnya dibiayai Kementerian PUPR dengan anggaran kurang lebih Rp200 miliar," kata Mujiono.

Pasar Banyuwangi didesain memiliki gedung utama yang terdiri atas dua lantai dengan arsitektur khas Osing, Banyuwangi. Pasar akan dibagi menjadi areal pasar basah, pasar kering, dan area kuliner dan juga dilengkapi dengan gedung parkir.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
11:01
01:35
03:35
03:51
02:43
03:42
Viral