Indef: Fasilitas Inap di "Rest Area" Jalan Tol Akan Bangkitkan Sektor Perhotelan.
Sumber :
  • antara

Indef: Fasilitas Inap di "Rest Area" Jalan Tol Akan Bangkitkan Sektor Perhotelan

Kamis, 13 Januari 2022 - 20:31 WIB

Jakarta - Wakil Direktur Institute for Development of Economics and Finance (INDEF), Eko Listiyanto menilai kehadiran fasilitas menginap atau hotel di tempat istirahat dan pelayanan atau rest area jalan tol dapat membangkitkan sektor perhotelan nasional.

Eko mengatakan bahwa tujuan utama dari kehadiran jalan tol adalah selain memperlancar distribusi orang dan logistik barang, secara lebih makro jalan tol untuk meningkatkan kapasitas ekonomi daerah sekitarnya.

Ekonom Indef itu juga melihat kalau kemudian terdapat berbagai macam aktivitas yang kemudian melekat pada rest area jalan tol, sebetulnya tidak masalah jika ada pembangunan fasilitas menginap seperti hotel, atau mungkin jika ke depannya nanti mengalami perkembangan bisa saja destinasi atau tempat wisata melekat pada jalan tol.

Menurut dia, setiap hotel memiliki segmen atau targeting konsumen yang berbeda-beda, dan hotel atau fasilitas menginap di rest area tol kemungkinan akan menyasar konsumen atau pengguna tol yang membutuhkan istirahat lebih layak atau konsumen yang intens dalam melakukan mobilitas perjalanan lewat tol seperti supir bus, supir truk logistik atau pelaku perjalanan bisnis.

"Semua segmen yang masuk atau menggunakan jalan tol berpotensi menjadi captive market bagi fasilitas menginap atau hotel rest area ini," katanya.

Di luar negeri sendiri, lanjut dia, sudah banyak rest area-rest area jalan tol yang dilengkapi dengan semacam motel atau hotel kecil untuk mengakomodasi kebutuhan istirahat penggunaan jalan tol.

"Hal ini tentunya akan semakin menjadi kebutuhan seiring meningkatnya arus lalu lintas atau trafik di jalan tol, maka tingkat keterisian fasilitas menginap di rest area tol akan baik terlebih lagi jika harga yang ditawarkan kompetitif dan mudah dipesan. Dengan demikian fasilitas menginap di rest area tol memiliki segmen yang mudah untuk dikembangkan," ujar Eko.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:59
02:00
01:32
25:54
04:20
02:33
Viral