Petugas melakukan pantauan harga bahan pangan di salah satu grosir di Kulon Progo, Yogyakarta..
Sumber :
  • Tim tvOne - Ari Wibowo

PPN Naik, Harga Kebutuhan Pokok di Kulon Progo Ikut Melonjak

Selasa, 12 April 2022 - 22:46 WIB

Kulon Progo, DIY - Keputusan Pemerintah menaikan pajak pertambahan nilai (PPN) dari 10 menjadi 11 persen, berdampak kenaikan pada harga sejumlah bahan pangan terutama bahan pangan produksi pabrik.

Salah satunya di terpantau naik di sejumlah Grosir di kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Pemilik grosir bahan pangan di Kalurahan Giripeni, Kecamatan Wates, Sumadi mengatakan, kenaikan harga dari pabrik ini terpantau sejak pemerintah menaikan nilai (PPN) awal April lalu.

Dampaknya banyak masyarakat yang mengurangi pembelanjaan, selain itu ia pun memilih mengurangi pasokan dari pabrik untuk sementara waktu

Kenaikan harga bahan pangan berbahan terigu ini mulai terjadi sejak awal April lalu. Adapun bahan pangan yang terpantau mulai mengalami kenaikan di antaranya adalah mie instan, gula pasir, tepung terigu, serta sejumlah barang lainnya.

"Sekarang ambilnya sedikit kalau dari pabrik. Soalnya kenaikannya mendadak. Itu imbas kenaikan PPN, kenaikan sendiri berbahan terigu,". kata Sumadi, Selasa (12/04/2022).

Sumadi menambahkan kenaikan harga juga pada mie instan semula satu boks berisi 40 kemasan seharga Rp100 ribu, kini naik menjadi Rp108 ribu hingga Rp110 ribu. Gula pasir yang sebelumnya berada di kisaran Rp15 ribu kini ikut naik menjadi Rp16 ribu.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:45
06:24
02:32
03:00
05:18
00:58
Viral