Ilustrasi aktivitas bngkar muat pelabuhan..
Sumber :
  • ANTARA

Presiden Harapkan Realisasi Investasi Rp900 Triliun

Senin, 16 Agustus 2021 - 10:10 WIB

Jakarta - Presiden Joko Widodo berharap realisasi investasi nom migas dan non jasa keuangan memenuhi target Rp900 triliun meski di tengah pandemi Covid-19.

Pada periode Januari sampai Juni 2021, Realisasi Investasi Indonesia, tidak termasuk sektor hulu migas dan jasa keuangan, sedikitnya Rp442,8 triliun, dengan rincian 51,5 persen di Luar Jawa, dan 48,5 persen di Jawa. Investasi ini menyerap lebih dari 620 ribu tenaga kerja Indonesia.

"Penambahan investasi di bulan-bulan ke depan ini kita harapkan bisa memenuhi target Rp900 triliun, serta menciptakan lapangan kerja baru dan menggerakkan perekonomian secara lebih signifikan," kata Presiden pada pidato kenegaraan pada Sidang Tahunan MPR dan Sidang bersama DPR dan DPD Tahun 2021 di Gedung Parlemen Senayan, Jakarta, Senin.

Presiden menambahkan, perkembangan investasi harus menjadi bagian terintegrasi dengan pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkeadilan. 

Presiden juga menyampaikan peningkatan kelas pengusaha UMKM menjadi agenda utama. Berbagai kemudahan disiapkan untuk menumbuhkan UMKM, termasuk kemitraan strategis dengan perusahaan besar, agar cepat masuk dalam rantai pasok global.

Hal tersebut diharapkan dapat meningkatkan daya saing produk UMKM, serta meningkatkan pemerataan dan kemandirian ekonomi masyarakat.

"Ekosistem investasi dan kolaborasi di dunia usaha ini juga dimaksudkan untuk memperkuat perkembangan ekonomi berbasis inovasi dan teknologi, khususnya ke arah Ekonomi Hijau dan Ekonomi Biru yang berkelanjutan," jelas Presiden Jokowi. (ito)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:49
01:41
01:47
06:30
01:40
02:00
Viral