Aktivitas UMKM.
Sumber :
  • Antara/Slamet

Kelompok Kerja Digital G20 Dorong Digitalisasi UMKM

Selasa, 5 Juli 2022 - 13:08 WIB

Jakarta - Rangkaian Presidensi G20 Indonesia dinilai harus menjadi momentum penting untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi digital nasional serta membawa dampak kepada masyarakat, terutama pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

"Presidensi G20 menjadi momentum penting dalam berbagai bidang. Presidensi dan penyelenggaraan G20 di Indonesia diharapkan dapat menstimulus efek rambatan atau spill-over effect yang dapat dirasakan oleh masyarakat Indonesia," kata Staf Khusus Menteri Komunikasi dan Informatika Bidang Digital dan Sumber Daya Manusia (SDM) Dedy Permadi di Jakarta, akhir pekan lalu.

Menjelang KTT G20, Kementerian Kominfo menyelenggarakan Digital Economy Working Group (DEWG) guna mendorong digitalisasi UMKM. 

"DEWG Presidensi G20 Indonesia merupakan kelompok kerja yang membahas isu seputar ekonomi digital, transformasi digital, maupun isu-isu digital secara luas. Termasuk isu seputar pengembangan UMKM," kata Dedy.

Sebagai sektor yang memegang peranan penting dalam transformasi digital Indonesia, UMKM menjadi salah satu yang terdampak pandemi Covid-19. Oleh karena itu, Dedy Permadi menyakini digitalisasi dapat menjaga resiliensi UMKM untuk tumbuh dan bertahan dari efek pandemi Covid-19 yang terjadi dua tahun terakhir.

“Kontraksi ekonomi akibat pandemi bagi bisnis UMKM semakin menunjukkan urgensi digitalisasi UMKM di Indonesia. Dengan digitalisasi, UMKM bisa mendapatkan salah satu solusi untuk tetap bertahan di tengah pandemi maupun di tengah tantangan global lainnya,” jelasnya.

Meskipun menjadi fondasi utama perekonomian, UMKM di Indonesia terus menghadapi berbagai tantangan seperti tingginya biaya operasional, pertumbuhan pendapatan, hingga pasar yang kompetitif.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:59
02:00
01:32
25:54
04:20
02:33
Viral