Indonesia Membutuhkan Lebih Dari US$ 1 Triliun Untuk Mencapai Target SDGs.
Sumber :
  • viva.co.id

Indonesia Membutuhkan Lebih Dari US$ 1 Triliun Untuk Mencapai Target SDGs

Selasa, 9 Agustus 2022 - 19:28 WIB

Badung - Indonesia membutuhkan lebih dari US$ 1 triliun untuk mencapai target program tujuan pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) pada 2030. 

“Indonesia membutuhkan lebih dari US$ 1 triliun untuk mencapai SDGs pada 2030. Namun dengan adanya pandemi jelas meningkat signifikan,” kata Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa dalam G20 3rd Development Working Group Side Event di Badung, Selasa, 9 Agustus 2022.

Tak hanya Indonesia, pandemi Covid-19 juga memperlebar kesenjangan pembiayaan pencapaian SDGs global dari 2,5 triliun dolar AS per tahun menjadi 4,2 triliun dolar AS. 

Hal ini menunjukkan pandemi Covid-19 tidak hanya membalikkan kemajuan menuju SDGs namun juga mengurangi sumber daya yang tersedia untuk mengembangkan pembiayaan.

Meski demikian, upaya pencapaian target SDGs di Indonesia pada 2030 akan terus berlanjut sesuai arahan Presiden Joko Widodo, walaupun sumber daya untuk menutup kesenjangan pembiayaan menjadi lebih besar.

Menurut Suharso, dibutuhkan pendekatan yang terpadu dan holistik untuk pemulihan pembiayaan dalam jangka menegah hingga panjang yang salah satunya melalui Integrated National Financing Framework (INFF).

INFF memfasilitasi dialog terstruktur dengan kementerian dan lembaga serta aktor non-pemerintah untuk memetakan lanskap pembiayaan pembangunan berkelanjutan baik dari publik maupun swasta. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:33
02:09
08:03
01:19
03:36
08:48
Viral