Ketua MPR Bambang Soesatyo.
Sumber :
  • Tangkapan Layar/Antara

Pegang Presidensi KTT G20, Indonesia Perlu Tawarkan Agenda Konsolidasi Ekonomi

Selasa, 16 Agustus 2022 - 12:12 WIB

Jakarta - Indonesia memiliki peran strategis di kancah global. Terlebih Indonesia kini memegang Presidensi G20, yang pada puncaknya, 20 pemimpin dunia akan bertemu pada KTT G20 di Bali bulan November nanti.

Oleh karenanya, suara Indonesia diharapkan bisa turut memberikan alternatif solusi di tengah dinamika global yang sedang bergejolak.

Indonesia dengan politik luar negeri bebas aktif serta berpegang teguh pada prinsip Dasa Sila Bandung sebagai ruh politik luar negeri Indonesia perlu terus mengkonsolidasi dukungan negara-negara di kawasan untuk menyerukan solusi perdamaian permanen dalam mengatasi konflik dan ketegangan militer.

“Selain itu, Indonesia juga perlu menawarkan agenda konsolidasi ekonomi untuk mencapai kerjasama strategis serta menjembataninya dengan komitmen pembangunan inklusif secara global melalui G20. Tema G20, yakni Recover Together, Recover Stronger merupakan bukti komitmen Indonesia untuk membawa dunia yang lebih inklusif dan segera bangkit bersama-sama di tengah pandemi Covid-19 yang masih berlangsung,” demikian dinyatakan Ketua MPR Bambang Soesatyo dalam Pidato Kenegaraan di Jakarta, Selasa (16/8/2022).

Ketua MPR juga mengajak masyarakat tanah air untuk mendoakan agar KTT G20 berjalan lancar dan sukses.

“Kita tentunya berkeinginan kepemimpinan Indonesia di G20 tahun ini kelak dikenang dunia sebagai upaya nyata dalam mewujudkan tatanan dunia yang damai, tumbuh berkelanjutan serta menghapus segala penderitaan rakyat di dunia,” kata Bambang.

Tahun ini bersamaan dengan Presidensi Indonesia di KTT G20, masih berkecamuk perang Rusia - Ukraina yang menjadi sentimen negatif bagi perekonomian global.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:06
02:40
02:12
02:15
01:24
01:49
Viral