Pameran Kriyanusa 2022, Arumi Bachsin Promosikan Batik dan Kerajinan Jatim ke Iriana Jokowi.
Sumber :
  • tim tvone - tim tvone

Pameran Kriyanusa 2022, Arumi Bachsin Promosikan Batik dan Kerajinan Jawa Timur ke Iriana Jokowi

Rabu, 21 September 2022 - 19:12 WIB

Jakarta - Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Jatim Arumi Bachsin Emil Dardak menegaskan komitmen Dekranasda Provinsi Jatim terus mengembangkan kualitas kerajinan lokal dari 38 kabupaten/kota di Jatim. Selain itu, juga mengikutsertakan dalam ajang exhibition maupun pameran berskala nasional maupun internasional. 

"Kami berkomitmen terus mengembangkan kualitas dan daya saing dari para perajin di Jatim guna meningkatkan perekonomian daerah dan meningkatkan peran serta sektor UMKM," ujar Arumi panggilan akrabnya itu seusai menghadiri pembukaan Pameran Kriyanusa Kerajinan Nusantara tahun 2022 di JCC Jakarta, Rabu (21/9). 

Setelah dua tahun vakum, Dewan Kerajinan Nasional (DEKRANAS) kembali menggelar pameran Kriyanusa 2022 dengan mengangkat tema “Semangat Bertahan Perajin Berdaya Saing” yang berlangsung mulai tanggal 21-25 September 2022, di Hall A Jakarta Convention Center. Kegiatan ini dibuka oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan Ketua Umum Dekranas yang juga Ibu Kerajinan Nasional Wury Ma’ruf Amin.

Khusus Jawa Timur, Arumi menyatakan, bahwa pada pameran Kriyanusa tahun 2022 ini, Jawa Timur menghadirkan banyak stand, diantaranya stand dari Dekranasda Provinsi Jatim, Kabupaten Pasuruan, Jember, Madiun, Sidoarjo, Tuban, dan Ngawi.

Adapun kerajinan yang ditampilkan mulai dari produk rajut, kain tenun, batik dan tenun batik gedog. Adapula, kerajinan tas, sepatu, aksesoris perhiasan, tas, sandal sepatu, hingga kerajinan kayu ukir dan kayu kreatif. 

Menariknya, saat kunjungan dari Ibu Negara Iriana Jokowi dan Ketum Dekranas Wuri Maruf Amin, Arumi dengan sigap mempromosikan berbagai kerajinan yang dipajang di stand Dekranasda Provinsi Jatim. 

"Mohon ijin ibu, ini kami membawa beberapa jenis batik yang coraknya khas dan memiliki motif yang menarik. Juga terdapat kerajinan berbahan dasar akar maupun sepatu dan tas asal daerah Sidoarjo," ungkapnya. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
07:05
07:53
01:23
05:26
13:30
02:11
Viral