(TIIMM) G20.
Sumber :
  • Istimewa

Pembahasan Sektor Industri di TIIMM G20 Menjadi Momen Bersejarah

Jumat, 23 September 2022 - 01:23 WIB

Nusa Dua - Pembahasan sektor industri pada pertemuan Trade, Investment, and Industry Ministerial Meeting (TIIMM) G20 menjadi momen bersejarah bagi Indonesia. Sebab, untuk pertama kalinya dalam sejarah G20, seluruh delegasi berkesempatan untuk berkumpul dan saling berbagi pandangan. 

“Tidak hanya membahas isu-isu terkait dengan perdagangan dan investasi, tetapi juga bersama-sama dengan isu industri secara lebih komprehensif, dalam satu kesatuan G20 Trade, Investment, and Industry Working Group di bawah Presidensi Indonesia,” kata Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita di Nusa Dua, Bali, Kamis,(22/09/2022).

Untuk itu Menperin Agus mengapresiasi seluruh delegasi dalam pembukaan TIIMM G20.

“Saya berharap pembahasan isu industri dapat terus dilakukan pada presidensi berikutnya,” ujarnya.

Menurut Menperin, forum G20 lahir sebagai respons terhadap krisis ekonomi global pada 1997–1998, yang mendesak pemerintah menemukan solusi bersama agar dunia dapat keluar dari krisis yang berkepanjangan dan menciptakan pertumbuhan ekonomi yang kuat dan berkelanjutan.

Kini dunia kembali dilanda krisis multidimensi akibat pandemi COVID-19. Pembatasan sosial telah mengakibatkan penurunan atas permintaan barang dan jasa, mendisrupsi rantai pasok global dan mengakibatkan resesi secara keseluruhan.

“Tidak seperti krisis-krisis dunia sebelumnya, kita mengenal sebuah istilah yang disebut dengan konektivitas digital pada krisis kali ini, yang kemudian mengakselerasi digitalisasi di berbagai aktivitas ekonomi,” ujarnya. Karakteristik dari digitalisasi yang tidak tatap muka itu, kata Menperin, kini menjadi semakin relevan, khususnya pada saat pandemi. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:28
00:58
06:16
01:54
01:38
10:26
Viral