Rupiah menguat tipis jelang rilis data ketenagakerjaan AS.
Sumber :
  • antara

Rupiah Ditutup Menguat Tipis Jelang Rilis Data Ketenagakerjaan AS

Kamis, 6 Oktober 2022 - 17:50 WIB

Jakarta - Nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Kamis sore menguat tipis jelang rilis data ketenagakerjaan Amerika Serikat (AS).

Rupiah ditutup menguat lima poin atau 0,03 persen ke posisi Rp15.188 per dolar AS dibandingkan posisi pada penutupan perdagangan sebelumnya Rp15.193 per dolar AS.

"Pasar mencemaskan proyeksi yang perkirakan data tenaga kerja AS akan datang dengan hasil yang kurang baik di hari Jumat nanti," kata Analis Monex Investindo Futures Faisyal dalam kajiannya di Jakarta, Kamis.

Dampak dari peningkatan suku bunga oleh Federal Reserve (Fed) dalam memerangi inflasi dinilai telah memangkas kesempatan kerja. Perusahaan tidak memiliki pilihan lain selain menunda ekspansi kapasitas dan rencana investasi untuk menghindari kewajiban bunga yang lebih tinggi. Hal itu mengakibatkan lambatnya proses penciptaan lapangan kerja.

Berdasarkan ekspektasi pasar, data ketenagakerjaan non pertanian atau Non Farm Payroll (NFP) AS akan turun menjadi 250 ribu, lebih rendah dari periode sebelumnya yang sebanyak 315 ribu.

Tingkat pengangguran diperkirakan stabil 3,7 persen. Sementara itu data average hourly earnings yang juga menjadi fokus, diperkirakan akan turun 10 basis poin menjadi 5,1 persen pada tingkat tahunan.

Sementara itu laporan ADP Non-Farm Employment Change AS yang mengukur jumlah tenaga kerja AS (di luar tenaga kerja sektor pertanian dan pemerintahan) pada September mencapai 208 ribu, lebih tinggi dibandingkan estimasi 200 ribu.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:36
08:00
01:49
09:04
01:41
02:02
Viral