Lead Co-Chair T20 Indonesia Bambang Brodjonegoro.
Sumber :
  • Antara

Kemitraan Publik-Swasta Kunci Menciptakan Infrastruktur Berkelanjutan dan Tangguh

Selasa, 11 Oktober 2022 - 20:29 WIB

Jakarta - Investasi dan kemitraan antara pihak publik dan swasta menjadi salah satu kunci untuk menciptakan infrastruktur yang berkelanjutan dan tangguh. 

“Satu masalah khusus yang perlu kita tangani adalah skema pembiayaan pembangunan infrastruktur di mana investasi dan kemitraan publik-swasta adalah salah satu kunci,” kata Lead Co-Chair T20 Indonesia Bambang Brodjonegoro dalam T20 Special Event: Sustainable Infrastructure Investment and Financing (SIIF) di Jakarta, Selasa (11/10/2022).

Bambang mengatakan, pembangunan infrastruktur berkelanjutan harus dikembangkan. Sebab, pembangunan indfrastruktur berkelanjutan ini akan menjadi katalis untuk mewujudkan pemulihan yang hanya dapat dilaksanakan dengan pendekatan multilateralisme dan kerja sama internasional yang koheren dan inklusif.

Investasi yang lebih besar pun, kata Bambang, dibutuhkan oleh negara-negara berkembang berpenghasilan rendah dan menengah ke bawah. Sebab, permasalahan infrastruktur mereka lebih kompleks, antara lain berkaitan dengan ketersediaan air dan sanitasi, energi, listrik, serta transportasi.

Apalagi, pembangunan berkelanjutan yang merupakan agenda prioritas, susah terwujud karena adanya keterbatasan kapasitas fiscal. Karena itu diperlukan pendanaan kreatif dan inovatif terutama bagi negara miskin dan berkembang.

“Skema kemitraan publik-swasta atau public private partnership (PPP) atau Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) menjadi jawaban untuk mengembangkan pembangunan infrastruktur berkelanjutan,” ujarnya.

Bambang menjelaskan bahwa skema PPP menawarkan keuntungan yang tidak hanya mengenai efisiensi bagi pemerintah tetapi juga memanfaatkan pengetahuan dan pengalaman sektor swasta dalam proyek tersebut.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:28
00:58
06:16
01:54
01:38
10:26
Viral