BI catat pertumbuhan inflasi Sulsel terus meningkat sepanjang tahun 2022, Rabu (30/11/2022).
Sumber :
  • Muhammad Noer

Sulsel Peringkat 5 Nasional Pengguna QRIS

Rabu, 30 November 2022 - 21:17 WIB

Makassar, Sulawesi Selatan - Sulawesi Selatan saat ini menempati peringkat ke 5 nasional pengguna QRIS terbanyak sepanjang tahun 2022. Hal tersebut menjadi salah satu tolak ukur aktifitas transaksi perekonomian yang terus mengalami peningkatan. Hal tersebut dikemukakan Direktur Perwakilan Bank Indonesia Sulsel, Fadjar Majardi, pada ajang Pertemuan Tahunan Bank Indonesia (PTBI) 2022, di Makassar, Rabu (30/11/2022).  

"Jumlah merchant dan pengguna QRIS (Quick Response Indonesian Standard) terus bertambah. Pada Oktober 2022, telah terdapat tambahan lebih dari 341 ribu pengguna baru QRIS, menempatkan Sulsel sebagai provinsi dengan pengguna QRIS terbanyak ke-5 nasional," ungkap Fadjar Majardi.

Disamping itu intermediasi perbankan di Sulsel juga terus membaik selama tahun 2022, hal tersebut salah satunya ditandai oleh pembiayaan perbankan ke sektor Rumah Tangga, Korporasi, UMKM, dan perbankan yang terus meningkat, dengan risiko kredit (NPL) yang terjaga. Aktivitas perekonomian yang meningkat juga dibarengi dengan perkembangan positif sistem pembayaran digital. 

"Dalam menjalankan fungsi dan tugas di daerah, BI Sulsel secara rutin melakukan Survei Kegiatan Dunia Usaha (SKDU) dan liaison kepada para pelaku usaha di wilayah Sulsel. Pada ajang Pertemuan Tahunan Bank Indonesia (PTBI) 2022 ini, BI Sulsel memberikan apresiasi kepada responden SKDU terkooperatif (Eastern Pearl Flour Mills, Sermani Steel, dan Hadji Kalla) dan kontak liaison terkooperatif (Bogatama Marinusa, Asia Sejahtera Mina, dan Biota Laut Ganggang) selama tahun 2022," ujar Direktur Perwakilan Bank Indonesia Sulsel Fadjar Majardi, 

Sejalan dengan arah perkembangan ekonomi nasional, ekonomi Sulawesi Selatan tahun 2022 mengindikasikan pemulihan ekonomi yang terus berlanjut disertai dengan inflasi yang meningkat. 

Pelonggaran mobilitas masyarakat di tengah semakin terkendalinya pandemi saat ini juga sudah memberikan dorongan terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat. Sementara itu, inflasi Sulsel diperkirakan terus meningkat di akhir 2022. Salah satunya seperti pada peningkatan inflasi hingga Oktober lalu dikontribusikan oleh komoditas angkutan udara, angkutan dalam kota, minyak goreng, dan bensin yang dipengaruhi oleh harga komoditas dan energi global. 

Dengan potensi dan risiko yang dihadapi, serta dengan berbagai kebijakan dan program di daerah dalam mendukung pertumbuhan ekonomi dan pengendalian inflasi, Bank Indonesia memprakirakan bahwa perekonomian Sulsel dapat tetap tumbuh kuat di tahun 2023 pada rentang 4,6%-5,4% dengan inflasi yang tetap terjaga pada rentang sasaran inflasi Nasional 3,0±1%. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:18
01:26
03:14
02:13
03:28
00:58
Viral