Pasangan tuna netra Bambang Daryanto (63) dan istrinya Yeni Lanjar (46).
Sumber :
  • Tim tvOne - Lucas Didit

Kisah Pasangan Tuna Netra Yang Bangkrut Dimasa Pandemi, Sempat Ingin Bunuh Diri

Rabu, 6 Oktober 2021 - 10:30 WIB

Gunungkidul,DIY- Masa Pandemi yang telah berlangsung selama dua tahun, membuat iklim ekonomi secara umum mengalami penurunan yang signifikan. Usaha ekonomi yang  dijalankan masyarakat juga banyak yang macet, mati suri bahkan bangkrut.

 

Ini pula seperti yang dialami oleh pasangan tuna netra Bambang Daryanto (63) dan istrinya Yeni Lanjar (46), warga Padukuhan Waduk, Kalurahan Salam, Kapanewon Patuk, Gunungkidul, Yogyakarta.


Pasangan penyandang tuna netra ini sebelumnya mempunyai usaha produksi telur asin dan jasa pijat refleksi. Namun usaha ini terpaksa terhenti karena sepinya pasar, sementara pasien pijat juga menurun drastis.

Akhirnya untuk bertahan hidup berkebun menjadi pilihan, dengan menanam jahe dan pisang di pekarangan rumah mereka yang tak begitu luas.


Bambang dulunya adalah seorang sopir, pria kelahiran 1959 ini pada tahun 2008 kehilangan penglihatannya karena sakit. Kondisi ini pulalah yang membuat rumahnya yang sedang direhab karena roboh terkena gempa 2006 juga tidak selesai pembangunannya. 


Masalah ekonomi yang semakin membelit juga membuat istrinya yang terdahulu pergi meninggalkannya di tahun 2010. Cobaan bertubi tubi dan menumpuk sempat membuat Bambang frustasi dan kehilangan semangat hidup.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
13:32
06:34
05:09
01:34
02:08
01:24
Viral