Unik! Pisang Ambon Pongo Berbuah 4 Tandan yang Sempat Menggegerkan Warga Kapanewon Panggang, Gunungkidul.
Sumber :
  • Tim tvOne - Lucas Didit

Langka dan Unik! Satu Pohon Pisang Berbuah 4 Tandan, Gegerkan Warga Gunungkidul

Sabtu, 27 November 2021 - 16:50 WIB

Gunungkidul, DIY - Sebuah fenomena unik dan langka terjadi pada sebuah pohon pisang milik Parsinem (56), warga  Padukuhan Blimbing, Kalurahan Girisekar, Kapanewon Panggang, Gunungkidul, Yogyakarta.

Pisang milik Parsinem, tumbuh dan berbuah empat tandan dalam satu pohon. Fenomena unik dan langka ini, menarik perhatian warga, hingga akhirnya warga berdatangan karena penasaran ingin melihat pisang empat tandan. Di pohon pisang ini, masing-masing tandan bercabang dua, sehingga total ada empat tandan pisang dalam dua batang buah di satu pohon.

"Pisang ini sudah berbuah tiga kali, yang pertama normal, yang kedua kembar dua, dan yang ketiga ini kembar empat," terang Parsinem, Sabtu (27/11/2021).

Parsinem sendiri mengaku tidak mengerti mengapa pisangnya bisa berbuah kembar. Menurutnya, tidak ada yang istimewa saat dulu dia menanam pohon pisang ini.

"Ini jenis pisang Ambon Pongo, dulu bibitnya  saya peroleh dari kakak saya, katanya bibit dari daerah Karangmojo, Gunungkidul," lanjutnya.

Menurutnya, dengan keanehan ini dia justru merasa senang, terlebih nilai jual pisang Ambon Pongo tersebut jauh lebih tinggi dibanding dengan pisang lain meskipun jenisnya sama. 

"Dulu ketika berbuahnya kembar dua, saya jual Rp. 150.000,- per tandan," lanjutnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:06
02:40
02:12
02:15
01:24
01:49
Viral