Direktur Surveilans Karantina Kesehatan Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes Achmad Farchanny Tri Adryanto.
Sumber :
  • Tim tvOne/Farid

Masyarakat Jakarta Harus Waspada, Kasus Cacar Monyet di DKI Bertambah Jadi 41 Orang

Jumat, 24 November 2023 - 05:47 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) mengungkapkan bahwa Provinsi Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta terbanyak ditemukan kasus cacar monyet (monkeypox/Mpox). Di mana hingga Rabu (22/11/2023), terdapat 57 kasus cacar monyet yang terkonfirmasi di Tanah Air. 

Hal ini disampaikan oleh Direktur Surveilans Karantina Kesehatan Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes RI, Achmad Farchanny Tri Adryanto via Zoom dalam konferensi pers tentang "Fatalitas Kasus Mpox di Indonesia, Kamis sore (23/11/2023). 

"Dari 57 kasus konfirmasi monkeypox, yang terbanyak melaporkan adalah Provinsi DKI Jakarta," ungkap dia. 

Farchanny menyebut terdapat 42 kasus terkonfirmasi di Provinsi DKI Jakarta. "Ada 42 kasus konfirmasi," ujar dia. 

Selain Provinsi DKI Jakarta, lanjut Farchanny, terdapat provinsi-provinsi lainnya yang ditemukan kasus cacar monyet. Provinsi kedua dan ketiga yang terbanyak melaporkan kasus cacar monyet adalah Provinsi Banten 6 kasus dan Provinsi Jawa Barat (Jabar) yang juga 6 kasus. 

"Kemudian Provinsi Banten ada enam kasus konfirmasi, Jawa Barat juga enam konfirmasi," beber Farchanny. 

Dia pun menyebut provinsi terbanyak keempat dan kelima ditemukan kasus cacar monyet adalah Provinsi Jawa Timur (Jatim) dua kasus dan Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) satu kasus. "Kemudian Jawa Timur dua konfirmasi dan Provinsi Kepulauan Riau ada satu kasus terkonfirmasi," ujar Farchanny. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:06
01:46
08:21
03:43
06:21
13:18
Viral