Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.
Sumber :
  • antara

Menkes: Rutin Menimbang Anak dapat Cegah Stunting

Minggu, 28 Januari 2024 - 22:27 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin berpesan kepada seluruh masyarakat di Indonesia untuk memperhatikan tiga hal terkait pencegahan stunting.

Pesan itu disampaikan oleh Menkes Budi saat menghadiri acara perayaan Hari Gizi Nasional 2024 di Monas, Jakarta Pusat, Minggu (28/1/2024).

Pertama, Budi berpesan agar para kader rutin mengukur tinggi badan serta menimbang berat badan bayi atau balita. Hal ini dilakukan guna mencegah anak tumbuh kerdil alias stunting.

"Pesan saya nomor satu kepada para kader, bayi atau balita harus ditimbang dan diukur panjangnya setiap bulan. Pak Presiden pengen kita jadi Negara Emas, itu artinya kita jadi negara maju, ngga mungkin kan kalau orangnya ngga sehat dan ngga pinter," ujar Menkes, Minggu.

Selanjutnya, Menkes berpesan, segera merujuk ke puskesmas apabila tidak ada kenaikan berat badan dan tinggi badan pada balita. Menurut Menkes, poin kedua sering luput menjadi perhatian para kader.

"Kalau tidak ada kenaikan berat badan, harus dirujuk ke puskesmas, ini suka lupa. Jadi kalo ngga ada kenaikan berat badan atau tinggi badan, bulan berikutnya harus dirujuk ke puskesmas," kata Menkes.

Kemudian poin ketiga, Menkes berpesan aga balita mendapat asupan bergizi yang mengandung tinggi protein hewani. Menkes menekankan, jenis makanannya bisa apapun, yang terpenting adalah protein hewaninya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
15:36
01:13
10:09
07:45
09:41
04:03
Viral