ilustrasi anak dan ibu.
Sumber :
  • antara

Sebelum Menangani Anak Nakal, Pahami Dulu Perilakunya

Rabu, 19 Mei 2021 - 15:35 WIB

Jakarta,

Seorang anak kerap dianggap nakal lantaran tidak bisa mematuhi perintah atau keinginan orangtuanya, padahal jika melihat lebih dalam bisa saja para orangtua yang kurang memahami kebutuhan anak.

Belum lama ini masyarakat dihebohkan dengan berita mengenai seorang anak yang ditemukan telah tewas selama empat bulan di Temanggung, Jawa Tengah. Penyebabnya adalah orangtua melakukan rukiyah terhadap anak yang dinilai nakal.

Meski tidak mengkaitkan dengan peristiwa yang terjadi di Temanggung, psikolog klinis anak dan remaja dari Klinik Terpadu Universitas Indonesia (UI), Andini Sugeng mengatakan orangtua harus memahami terlebih dahulu perilaku seperti apa yang ditampilkan oleh anak sehingga ia sampai mendapat label nakal.

"Perilaku nakal biasanya terlihat ketika anak menampilkan perilaku yang dianggap melanggar aturan yang ada di rumah atau suatu lingkungan sosial," ujar Andini kepada ANTARA melalui aplikasi pesan singkat pada Rabu.

"Sementara itu, usia anak akan menjadi gambaran bagaimana perkembangan dan kemampuannya dalam memahami dan bersikap kooperatif terhadap aturan yang berlaku," lanjutnya.

Penting bagi orangtua untuk memberikan pemahaman kepada anak mengenai aturan-aturan yang diterapkan di rumah. Penggunaan bahasa yang mudah dimengerti oleh anak juga diperlukan agar tidak terjadi salah paham.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:49
01:46
04:06
01:58
01:04
09:13
Viral