Sampah menumpuk di Transfer Depo Lempongsari, Sleman, akibat penutupan TPST Piyungan, Rabu (11/5/2022).
Sumber :
  • Tim tvOne - Andri Prasetyo

Tips Meminimalisir Jumlah Sampah Secara Mandiri

Kamis, 12 Mei 2022 - 10:06 WIB

Fenomena sampah yang menumpuk di Yogyakarta kian meresahkan. Pasalnya, tempat pembuangan akhir regional Piyungan yang sempat ditutup warga, membuat masyarakat bingung harus membuang sampah dimana.

Saat Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Piyungan ditutup warga, pemerintah Yogyakarta sendiri menghimbau masyarakatnya untuk sementara membuang sampah di rumah sampai TPST dibuka. Menghadapi fenomena tersebut, bagaimana kita sebagai warga harus menyikapinya?

Perlu juga bagi kita sebagai masyarakat untuk turut berpartisipasi dalam membantu pemerintah meminimalisir limbah sampah. Tidak harus muluk-muluk, kita bisa memulainya dari hal-hal sederhana.

Berikut beberapa tips sederhana mengelola sampah yang bisa anda terapkan dalam aktivitas sehari-hari. 

1. Pilah dan Buang Sampah Sesuai Jenisnya

Ketika membuang sampah, pastikan untuk memilah terlebih dahulu antara sampah organik dan anorganik. Hal ini bertujuan agar memudahkan ketika akan dibuang atau didaur ulang.

Anda bisa menaruh sampah organik, berupa sisa makanan dan sayuran, untuk dijadikan pupuk kompos. Sementara sampah kering seperti botol plastik bisa anda tukarkan atau jual di bank sampah terdekat. Sebab, sampah jenis ini masih bisa didaur ulang menjadi sesuatu yang bermanfaat.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:06
01:48
01:38
06:57
05:22
04:27
Viral