Iwan dan wayangnya 2.
Sumber :
  • tvOne

Warga Salatiga Miliki Wayang Berusia Satu Abad, Bagaimana Bentuknya?

Kamis, 9 September 2021 - 07:55 WIB

Salatiga, Jawa Tengah - Ratusan wayang kulit dan wayang golek kuno, berjajar rapi di galeri sebuah rumah makan yang berada di jalan Ki Penjawi nomor 14, Sidorejo Lor, Kec. Sidorejo, Kota Salatiga, Jawa Tengah. Ratusan wayang dengan usia puluhan hingga seratusan tahun ada di galeri milik  Ir H Gunawan Herdiwanto pemilik Joglo Ki Penjawi,

Dalam ceritanya, ia menyebut ide untuk mengoleksi aneka wayang dari berbagai daerah ini merupakan bentuk kecintaannya terhadap barang barang antik. 

Terlebih, sambungnya, sebagai orang yang berasal dari suku Jawa, memiliki koleksi wayang merupakan hal yang wajib. Apalagi wayang pernah digunakan Kanjeng Sunan Kalijogo dalam menyebarkan ajaran agama Islam di Nusantara.

"Bagi saya, keberadaan wayang sangat berharga dalam sejarah penyebaran Agama Islam di Nusantara, hal ini merupakan salah satu yang mebuat kecintaan saya akan wayang begitu besar sehingga menumbuhkan niat dalam hati untuk bisa mengoleksi aneka wayang dari berbagai daerah", ujar lelaki yang akrab disapa Iwan ini kepada tvonenews.com.

Saat ini setidaknya ada kurang lebih 39 wayang kulit dan 14 wayang golek yang dikoleksi oleh Iwan, dan salah satunya ada yang berusia kurang lebih 100 tahun. 

"Saya mulai mengoleksi wayang sejak tahun 1987, saat itu saya masih kuliah dan saya sudah mulai berburu wayang wayang istimewa ke berbagai pelosok daerah di Jawa Tengah. Wayang-wayang ini tidak saya dapatkan dari satu orang, namun dari beberapa orang (dalang). Salah satu wayang ada yang berusia 100 tahun saat ini dan saya mendapatkan wayang tersebut dari seorang dalang di Jawa tengah, yang oleh ahli warisnya tidak bisa lagi melanjutkan untuk ngopeni (merawat)", tuturnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:06
02:40
02:12
02:15
01:24
01:49
Viral