Awey - Studi: Selain Melawan Virus Covid-19, Vaksin Juga Baik Untuk Kesehatan Mental.
Sumber :
  • unsplash.com/Hakan Nural

Studi: Selain Melawan Virus Covid-19, Vaksin Juga Baik Untuk Kesehatan Mental

Sabtu, 11 September 2021 - 10:08 WIB

Jakarta - Pandemi Covid-19 tidak hanya memengaruhi kesehatan fisik, tapi juga mental. Baru-baru ini, sebuah penelitian di Amerika Serikat (AS) menemukan bahwa vaksin Covid-19 ternyata juga berpotensi memiliki manfaat dalam memperbaiki kesehatan mental seseorang.

Studi ini telah dilakukan oleh para peneliti dari University of Southern California dan diterbitkan dalam jurnal PLoS One. Dalam penelitian tersebut disebutkan, orang yang telah divaksinasi mengalami peningkatan yang signifikan dalam kesehatan mental mereka.

Para peneliti menganalisis hasil dari 8.003 orang dewasa yang disurvei secara berkala antara 1 Maret 2020 hingga 31 Maret 2021, dilansir dari India Express, Sabtu (11/9).

Mereka yang telah menerima vaksin lebih kecil kemungkinannya untuk menunjukkan tanda-tanda depresi ringan atau berat dibandingkan mereka yang tidak divaksinasi, termasuk orang-orang yang berniat untuk divaksinasi tapi belum mendapatkan kuota.

Studi tersebut menjelaskan bahwa efek vaksinasi memungkinkan orang untuk berkurang rasa khawatir akan terinfeksi virus Covid-19.

“Hal ini berkontribusi besar dengan meningkatkan kekebalan kelompok, meningkatkan kesadaran, dan mengurangi kecemasan ketika berada di suatu kerumunan. Selain itu, meningkatkan peluang kerja yang berbeda bagi orang-orang yang kehilangan mata pencaharian akibat penyakit yang mematikan ini,” ujar Dokter HK Mahajan, ahli anestesi, Indian Spinal Injuries Centre, Vasant Kunj.

Dr. Mahajan juga menjelaskan bahwa dengan meningkatnya kesadaran masyarakat untuk melakukan vaksinasi, masyarakat secara bertahap kembali ke gaya hidup sebelum adanya pandemi Covid-19.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:49
01:46
04:06
01:58
01:04
09:13
Viral