Heboh The Queen’s Gambit, Alexandra Botez Makin Kesohor.
Sumber :
  • Istimewa

Heboh The Queen’s Gambit, Alexandra Botez Makin Kesohor 

Senin, 4 Oktober 2021 - 22:10 WIB

Jakarta - Jika Anda penggemar film, Anda pasti mengetahui mini seri The Queen’s Gambit yang booming sejak pertama tayang pada 23 Oktober 2020 lalu. Kehadiran drama berdasar novel berjudul sama karangan Walter Tevis ini benar-benar menggebrak dunia.

Mengangkat tema yang tidak biasa yaitu tentang Beth Harmon, seorang gadis prodigy yatim piatu yang jago bermain catur, dengan latar belakang era 1950-an sampai 1970-an, seri ini menjadi perbincangan di seluruh negara.

Pengaruhnya pun luar biasa. Seri ini membuat dunia mendadak demam catur. Gara-gara terpesona oleh karakter Beth Harmon yang dingin, unik dan taktis dalam menggerakkan pion, semua orang di dunia jadi membicarakan catur dan ingin mengetahui lebih dalam tentang olahraga yang memeras pikiran ini. Gaya berpakaian sang tokoh pun jadi sorotan dan ditiru oleh para selebritis.

Harian The New York Times bahkan menyebut demam catur akibat The Queen’s Gambit pada penghujung 2020 sama dengan lahirnya chess mania atau komunitas penggemar catur dadakan yang muncul setelah kemenangan Bobby Fischer atas Boris Spassky pada kejuaraan dunia 1972.

Perusahaan Amerika Goliath Games yang memproduksi set catur mengatakan, penjualan set permainan catur meningkat lebih dari seribu persen karena efek mini seri ini. Sementara arena permainan catur virtual, chess.com, kedatangan jutaan pemain baru yang mayoritas perempuan, sebagai akibat dari The Queen’s Gambit.

Alhasil The Queen’s Gambit bukan hanya mengantar bintang utamanya, Anya Taylor-Joy menjadi semakin populer, tapi juga vberhasil menyapu bersih berbagai penghargaan tahun 2020 sampai 2021, termasuk ajang Golden Globe dan Emmy Awards.

Di Kehidupan Nyata ?

Berita Terkait :
1
2 3 4 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:49
01:46
04:06
01:58
01:04
09:13
Viral