Ilustrasi.
Sumber :
  • Antara

Obat Flu Burung Oseltamivir dan Tamiflu, Stok di RI Cukup?

Selasa, 28 Februari 2023 - 07:01 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Direktur Pascasarjana Universitas YARSI Tjandra Yoga Aditama mengemukakan kejadian Flu Burung atau H5N1 yang semula terjadi pada binatang mamalia, saat ini mulai menginfeksi manusia.

"Sesudah terjadi Flu Burung di berbagai binatang mamalia di berbagai negara Eropa dan lainnya, maka mulai ada kasus pada manusia, bahkan di Asia, bahkan sesama negara ASEAN, yaitu Kamboja," kata dia saat dikonfirmasi di Jakarta, Senin (27/2/2023).

Ia mengatakan kasus di Kamboja baru-baru ini diawali dari infeksi pada 22 ekor ayam dan tiga bebek yang mati di lingkungan rumah keluarga setempat.

Selain itu, burung liar di sekitar desa tempat tinggal pasien dilaporkan mati serta masih ada 11 orang lainnya yang sedang dalam pemeriksaan tentang kemungkinan tertular.

"Kematian unggas juga terjadi di negara kita pada waktu kasus Flu Burung pada manusia meningkat beberapa tahun yang lalu, dan bahkan angka kematian di Indonesia cukup tinggi," ujarnya.

Tjandra yang juga mantan Direktur Penyakit Menular WHO Asia Tenggara itu, mendorong kepemimpinan Indonesia di ASEAN untuk mengantisipasi Flu Burung.

"Kementerian Kesehatan Indonesia perlu mengoordinasikan seluruh Kementerian Kesehatan di negara ASEAN untuk kewaspadaan dan antisipasi," katanya.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:06
02:40
02:12
02:15
01:24
01:49
Viral