Ilustrasi Obesitas.
Sumber :
  • VIVA

Ubah Kesalahpahaman tentang Obesitas: Obesitas adalah Masalah Kompleks yang Perlu Dukungan Sosial

Sabtu, 25 Maret 2023 - 16:20 WIB

Jakarta, tvOnenews.com – Pada tanggal 4 Maret lalu adalah Hari Obesitas Sedunia, sebagaimana ditetapkan oleh Federasi Obesitas Dunia, organisasi global yang berfokus secara eksklusif pada obesitas.

Walaupun tema Hari-hari Obesitas Sedunia sebelumnya adalah seputar informasi dan pemahaman, namun tema kampanye tahun ini adalah ‘Mengubah Perspektif: Mari Kita Bicara Tentang Obesitas’, yang bertujuan untuk mengoreksi berbagai kesalahpahaman seputar obesitas dan untuk mengambil tindakan efektif dan kolektif.

Regional President of Herbalife Nutrition for Asia Pacific and China, Stephen Conchie mengatakan pada poin terakhir ‘tindakan kolektif’ merupakan hal yang sangat penting, karena obesitas merupakan masalah yang jauh lebih besar daripada sekedar suatu isu bagi individu-individu tertentu, yang dapat diselesaikan secara mudah cukup dengan mantra, ‘makan lebih sedikit, bergerak lebih banyak.

“Hanya dengan melihat sekilas rak-rak di supermarket dan minimarket, menu restoran, dan melihat iklan-iklan yang terus menghujani kita setiap hari untuk menyadari bahwa obesitas seringkali adalah hasil dari kehidupan modern,” kata Conchie, dalam keterangannya pada Sabtu (25/3/2023).

Obesitas terus meningkat secara global, The World Obesity Foundation mencatat bahwa pada tahun 2020, hampir 1 miliar orang hidup dengan obesitas, hal tersebut berarti 1 dari 7 orang. 

Angka tersebut diprediksi akan terus meningkat, sehingga pada tahun 2035 hampir 1 dari 4 orang hidup dengan obesitas. 

Hal ini mempunyai implikasi kesehatan serius, karena obesitas diasosiasikan dengan kondisi-kondisi seperti hipertensi dan diabetes, yang merupakan faktor resiko dari penyebab-penyebab utama kematian (penyakit kardiovaskuler).

Berita Terkait :
1
2 3 4 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:59
02:00
01:32
25:54
04:20
02:33
Viral