Ilustrasi.
Sumber :
  • (Pixabay)

Mahal Jadi Alasan Enggan ke Dokter Gigi

Rabu, 5 April 2023 - 15:57 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Banyak orang cenderung merasa takut saat memeriksakan kesehatan gigi dan mulutnya ke dokter gigi, hal ini lantaran pemeriksaan gigi dan mulut dianggap mahal.

Setidaknya sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2016 menunjukan, sekitar 13 persen masyarakat di AS cenderung malas untuk melakukan pemeriksaan gigi, karena dianggap biaya yang dibutuhkan akan sangat mahal. Studi ini dilakukan. Sementara itu, 25 persen masyarakat AS dari kelas bawah cenderung lebih memprioritaskan pemeriksaan kesehatan lain yang sesuai dengan pendapatan mereka.

Sejalan dengan kondisi di Indonesia, data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018 memaparkan bahwa sebanyak 94,9 persen masyarakat perkotaan tidak pernah ke dokter gigi dalam setahun terakhir. Dari 57 persen masyarakat yang mengalami masalah gigi dan mulut, hanya 10,2 persen yang berkunjung ke dokter gigi.

Kekhawatiran akan biaya perawatan gigi yang mahal juga membuat kebanyakan dari masyarakat enggan datang ke dokter gigi, mereka baru datang ketika gigi mereka sakit.

"Masyarakat beranggapan, akan lebih baik datang ke dokter gigi ketika rasa sakit gigi sudah tidak tertahankan karena biaya perawatan akan lebih murah dibanding harus rutin kontrol gigi setiap enam bulan sekali. Nyatanya, biaya pengobatan dan perawatan gigi menjadi lebih mahal jika pasien sudah mengalami masalah gigi dan mulut yang kronis," kata drg Deviana Maria, Founder Smile Dental. (ant/mii)

 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:45
06:24
02:32
03:00
05:18
00:58
Viral