Para Ibu Korban Erupsi Gunung Semeru Saling Pijat.
Sumber :
  • Hentty Kartika

Ibu-Ibu Korban Erupsi Semeru Saling Pijat di Pengungsian: Hilangkan Pusing dan Tingkatkan Imun

Selasa, 7 Desember 2021 - 12:39 WIB

Lumajang, Jawa Timur - Peduli kepada para pengungsi yang terdampak erupsi Gunung Semeru, Dinas Kesehatan Kabupaten Lumajang mengajak ibu-ibu yang menjadi korban erupsi di posko pengungsian Aula Dwijaraharja, Candipuro, untuk saling pijat. Kegiatan ini dilakukan untuk menghilangkan rasa pusing dan meningkatkan imun. 

Gerakan-gerakan pijat dan akupuntur ini sangat penting dilakukan di tengah kondisi para pengungsi, terutama ibu-ibu, yang mulai lelah tinggal di posko pengungsian.

Relawan meminta para ibu untuk duduk berbaris saling membelakangi. Mereka kemudian meletakkan tangannya ke teman di depannya. Relawan kemudian memberi contoh gerakan pijat yang ditiru ibu-ibu.

Dengan cekatan, ibu-ibu ini memijat pundak teman di depannya selama beberapa menit, kemudian turun ke punggung, lalu ke pinggang. Begitu terus selama beberapa menit. Mereka kemudian berputar untuk gantian mendapat pijat.

Ada pula gerakan memijat sela-sela jempol dan jari telunjuk. Ini untuk menghilangkan rasa pusing. Petugas memberikan edukasi teknik-teknik akupuntur ini untuk meningkatkan imun, membuat bersemangat, dan menghilangkan sakit kepala.

Pijat massal ini diharapkan bisa membuat para ibu menjadi rileks dan menghilangkan sakit akibat tekanan berada di pengungsian. Dengan pijatan, relawan berharap para korban juga dapat menjadi lebih dekat satu sama lain. (Hentty Kartika/act)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:33
02:09
08:03
01:19
03:36
08:48
Viral