Simulasi program makan siang gratis Prabowo-Gibran.
Sumber :
  • ANTARA

Menilik Simulasi Menu Makan Siang Gratis Prabowo-Gibran Jika Menang Pilpres 2024, Dokter Spesialis Gizi Klinik Beri Saran Mutlak

Sabtu, 2 Maret 2024 - 00:28 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Dokter Spesialis Gizi Klinik, Gaga Irawan Nugraha menyoroti program makan siang gratis yang mulai ramai diperbincangkan seusai Paslon 02 Prabowo-Gibran unggul sementara penghitungan Pilpres 2024.

Dia menyarankan dalam menu makan siang gratis mesti mengandung lauk berprotein hewani dan sayur agar makin bermanfaat bagi anak-anak yang ditujukan dalam program tersebut.

Gaga menilai sumber protein mesti berupa hewani, karena dua alasan, yakni Bioavailabilitas (BA) atau ketersedian hayati lebih tinggi dan mengandung asam amino esensial yang lebih lengkap daripada protein nabati.

"Protein hewani memiliki bioavailabilitas lebih tinggi, lebih mudah diserap, lebih mudah menjadi bagian dari tubuh, Dengan asam amino esensial, anak bisa cepat tumbuh tinggi karena sel baru cepat terbentuk dan sel yang rusak cepat diperbaiki," ujar Gaga, Jumat (1/3/2024).

Pengajar di Universitas Padjajaran itu menjelaskan asam amino esensial juga mendukung perkembangan otak.

Pada perempuan yang sedang hamil, asam amino esensial bisa menghasilkan sel-sel reproduksi yang berkualitas, termasuk ketika menyusui.

"Jadi, sangat penting protein hewani itu untuk menunjang pertumbuhan anak dan memenuhi kebutuhan asam amino esensial," jelasnya.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
06:13
02:28
02:37
04:23
07:11
01:01
Viral