Bagaimana Saya Tahu Jika Saya Mengidap Pilek, Flu, atau Covid-19?.
Sumber :
  • Associated Press

Bagaimana Saya Tahu Jika Saya Mengidap Pilek, Flu, atau Covid-19?

Jumat, 7 Januari 2022 - 21:11 WIB

Jakarta - Para ahli mengatakan pemeriksaan adalah cara terbaik untuk menentukan apa yang anda derita karena gejala penyakit dapat tumpang tindih. Virus yang menyebabkan pilek, flu, dan Covid-19 menyebar dengan cara yang sama, melalui droplet dari hidung dan mulut orang yang terinfeksi. Itu semua dapat menyebar sebelum seseorang menyadari bahwa mereka terinfeksi.

Waktu penularan atau seseorang yang mulai terjangkit dapat bervariasi. Beberapa orang yang terinfeksi virus corona tetapi tidak mengalami gejala apa pun, masih memungkinkan bagi mereka untuk menyebarkannya. Batuk, demam, kelelahan, dan nyeri otot umum terjadi pada flu dan Covid-19, kata Kristen Coleman, sebagai asisten profesor peneliti di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Maryland. Gejala khusus untuk Covid-19 termasuk hilangnya rasa atau bau.

Sementara itu, pilek biasa cenderung lebih ringan dengan gejala termasuk hidung tersumbat dan sakit tenggorokan. Demam lebih sering terjadi pada flu. Dalam beberapa kasus ada kemungkinan untuk terkena flu dan Covid-19 pada saat yang bersamaan, yang oleh beberapa orang disebut “flurona.”

“Koinfeksi dalam bentuk apa pun bisa menjadi parah atau memperburuk gejala Anda,” kata Coleman. “Jika kasus influenza terus meningkat, kita dapat melihat lebih banyak jenis koinfeksi virus ini dalam beberapa minggu atau bulan mendatang.”

Dengan banyak gejala serupa yang disebabkan oleh ketiga jenis virus, pengujian tetap menjadi pilihan terbaik untuk menentukan mana yang mungkin anda idap. Tes di rumah untuk flu tidak tersedia secara luas seperti untuk Covid-19, tetapi beberapa apotek menawarkan pengujian untuk kedua virus secara bersamaan, catat Coleman. Ini dapat membantu dokter meresepkan perawatan yang tepat.

Laboratorium mungkin juga dapat menyaring sampel untuk berbagai virus pernapasan, termasuk virus flu biasa.  Tetapi sebagian besar tidak memiliki kapasitas untuk melakukan ini secara rutin, terutama selama lonjakan Covid-19, kata Coleman. Mendapatkan vaksinasi membantu mengurangi penyebaran virus. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit A.S. mengatakan aman untuk mendapatkan vaksin booster flu dan COVID-19 secara bersamaan.(chm/ap)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:44
02:05
04:10
05:46
01:09
15:57
Viral