Foto Ilustrasi..
Sumber :
  • tim tvOne

Kemenkes Kampanyekan "Waktu Indonesia Gargle", Yuk Kenali Apa Pentingnya

Jumat, 18 Maret 2022 - 15:07 WIB

Jakarta - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI meluncurkan kampanye nasional "Waktu Indonesia Gargle". Kampanye ini bertujuan untuk mengenalkan cara meningkatkan kebersihan rongga mulut sebagai perlindungan ekstra untuk pencegahan infeksi Covid-19.

"Waktu Indonesia Gargle" diluncurkan Kemenkes RI, bekerja sama dengan Perhimpunan Dokter Spesialis Telinga Hidung dan Tenggorok Bedah Kepala Leher Indonesia (Perhati-KL), serta PT Mundipharma Healthcare Indonesia (Mundipharma). Diselenggarakan Dalam rangka menyambut World Oral Health Day yang diperingati pada Minggu (20/3/2022) esok.

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular (P2PM) Kementerian Kesehatan RI Didik Budijanto mengatakan pentingnya melaksanakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Yaitu semua perilaku kesehatan yang dilakukan karena kesadaran pribadi sehingga keluarga dan seluruh anggotanya mampu menolong diri sendiri pada bidang kesehatan serta memiliki peran aktif dalam aktivitas masyarakat. 

Menurut Didik, PHBS ada beberapa tatanan. Pada tatanan rumah tangga, implementasinya seperti cuci tangan dengan sabun dan air bersih, mengonsumsi buah dan sayur, melakukan aktivitas fisik setiap hari. 

"Dalam kondisi pandemi saat ini, PHBS juga dapat diimplementasikan dengan melakukan gargle secara rutin. Kampanye nasional ‘Waktu Indonesia Gargle’ yang merupakan kolaborasi pemerintah, organisasi profesi, dan pihak swasta, penting untuk dilakukan sesuai ketentuan agar dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan saluran pernafasan bagian atas dan menjadikan ber-gargle atau berkumur sebagai bagian dari Perilaku Hidup Bersih dan Sehat,” ujarnya lagi.

Ketua PP Perhati-KL Jenny Bashiruddin mengungkapkan gargle merupakan kegiatan penting dijadikan bagian dari perilaku sehari-hari. 

"Apalagi, di masa new normal saat ini, kebersihan saluran pernafasan khususnya bagian atas seperti hidung, mulut, dan tenggorok sangatlah penting untuk mencegah infeksi virus Covid-19," ujar Jenny.

Berita Terkait :
1
2 3 4 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:33
02:09
08:03
01:19
03:36
08:48
Viral