Ini 7 Penyakit yang Sering Muncul Setelah Lebaran.
Sumber :
  • unsplash/ Bawah Reserve

Ini 7 Penyakit yang Sering Muncul Setelah Lebaran

Kamis, 5 Mei 2022 - 16:54 WIB

Momen Idul Fitri merupakan momen yang ditunggu oleh umat muslim di seluruh dunia. Berkumpul bersama keluarga dan menyantap makanan khas hari raya juga menjadi tradisi yang tidak pernah terlewatkan.

Namun, meskipun rasanya lezat dan menggugah selera, beberapa makanan lebaran bisa memicu penyakit jika dikonsumsi secara berlebihan. Hal ini dikarenakan makanan lebaran banyak mengandung lemak, garam, dan gula tinggi. Oleh sebab itu, ada baiknya anda mengetahui penyakit yang muncul setelah lebaran. 

Kolesterol dan Gula Darah Meningkat
Kolesterol naik dan gula darah meningkat terjadi jika anda mengonsumsi terlalu banyak makanan manis dan berlemak. Kolesterol sendiri membantu tubuh memproduksi vitamin D, sejumlah hormon, dan empedu untuk mencerna lemak.

Kolesterol dalam kadar yang sesuai sebenarnya dibutuhkan oleh tubuh untuk membangun sel-sel baru agar tubuh tetap berfungsi normal. Kolesterol juga dibutuhkan untuk proses pencernaan, produksi hormon, dan membentuk vitamin D. Jika kadar kolesterol terlalu tinggi, hal tersebut membahayakan tubuh karena akan menyebabkan komplikasi.

Kadar kolesterol yang tinggi juga bisa menyebabkan rasa sakit pada bagian dada dan pada lengan. Kolesterol tinggi juga bisa memicu penyakit stroke dan serangan jantung.

Diare
Perubahan pola makan setelah berpuasa 30 hari akan membuat tubuh anda kembali menyesuaikan dengan cara anda mengkonsumsi makanan. Terkadang, perubahan pola makan ini akan menyebabkan diare. Penyakit ini dipicu oleh lebihan konsumsi makanan asam, pedas, dan bersantan. Hal inilah yang membuat diare lebih mudah menyerang.

Selain menghindari makanan bersantan dan makanan pedas, menjaga kebersihan lingkungan serta bakteri tidak hinggap dalam makanan yang akan dikonsumsi.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:59
02:00
01:32
25:54
04:20
02:33
Viral