Arsip - Foto yang diambil selama penyelidikan wabah cacar monyet, yang terjadi di Republik Demokratik Kongo, 1996 hingga 1997.
Sumber :
  • (CDC/Brian W.J. Mahy/HO via Reuters/as)

Benarkah Cacar Monyet Bisa Menyebar Melalui Hubungan Seksual?

Selasa, 24 Mei 2022 - 15:00 WIB

Jakarta - Wabah monkeypox atau cacar monyet telah menyebar di beberapa negara. Sementara di Indonesia, Kemenkes mengatakan belum menemukan kasus cacar monyet. Hal itu dijelaskan pada website resmi Kemenkes, Selasa (24/5/2022).

Dalam keterangan tersebut, dijelaskan bahwa wabah ini dapat menular dari manusia ke manusia serta dari hewan seperti monyet ke manusia. Pihaknya mengimbau untuk tetap waspada jika wabah tersebut telah masuk ke Indonesia.

Virus ini dapat menular antarmanusia ketika terjadi kontak dengan sekresi pernapasan, lesi kulit dari orang terinfeksi atau benda yang terkontaminasi. Selain itu, dapat menular melalui plasenta dari ibu ke janin atau kontak selama persalinan.

Sementara penularan saat berhubungan badan masih perlu penelitian lebih lanjut, sehingga belum dapat dipastikan kebenarannya.

Cacar monyet sendiri pertama kali ditemukan di Denmark pada 1958.  Saat itu ditemukan dua kasus seperti cacar yang muncul pada koloni kera yang dipelahara untuk bahan penelitian. syf/mii)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:13
03:28
00:58
06:16
01:54
01:38
Viral