Ilustrasi Kunyit.
Sumber :
  • U-Report

Meski Berukuran Kecil, Kunyit Miliki Segudang Manfaat Dari Penyakit Asam Lambung Hingga Anti Radang

Sabtu, 30 Juli 2022 - 23:37 WIB

Kunyit digunakan sebagai bahan masakan, biasanya untuk menciptakan warna yang dapat menggugah selera. Beberapa menu makanan yang menggunakan kunyit seperti nasi kuning, lontong kari, Ikan masak kuning, gulai, dan masih banyak lagi. Bahkan kunyit dapat diolah menjadi minuman menyehatkan seperti jamu herbal

Namun siapa sangka, walaupun ukurannya kecil kunyit memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Selain menjadi bumbu dapur, kunyit juga mengandung zat kurkumin yang berkhasiat untuk meredakan bengkak dan nyeri.

Khasiat tersebut menjadikan kunyit sebagai salah satu herbal yang banyak digunakan untuk mengobati berbagai penyakit salah satunya dapat mengobati penyakit asam lambung.

Menurut Health Secret of Turmeric (2010) yang dilansir dari VIVA, kunyit yang direkomendasikan agar dapat mengobati masalah lambung cukup dengan 500 mg curcumin atau sama dengan ½ sendok teh bubuk kunyit per hari. 

“Kurkumin di dalam kunyit menstabilkan asam lambung tinggi tanpa memblokir produksi asam lambung,” tertulis dalam Journal of Molecular Sciences, yang berjudul Curcumin: A Potent Protectant against Esophageal and Gastric Disorder, yang dikutip dari VIVA.

Selain di Indonesia, orang-orang India juga memelihara kesehatannya dengan kunyit yang menjadi warisan turun temurun. 

Selain itu, kunyit juga mengandung banyak senyawa yang bersifat anti radang juga antioksidan. Sebab dalam kunyit terdapat kurkuminoid yang mengandung dua zat tersebut. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
09:13
02:42
07:20
11:14
04:24
04:36
Viral