Ilustrasi Gula.
Sumber :
  • Pixabay

Jangan Hanya Salahkan Gula! Inilah Penyebab Utama Risiko Penyakit Diabetes

Senin, 1 Agustus 2022 - 15:23 WIB

Penyakit Diabetes menjadi penyakit yang identik dengan konsumsi gula yang terlalu banyak. Padahal diabetes disebabkan oleh suatu kondisi dimana tubuh berhenti memproduksi cukup insulin atau tidak dapat menggunakan insulin yang tersedia. 

 

Diabetes merupakan kondisi kesehatan yang mempengaruhi fungsi tubuh dalam jangka panjang. Seharusnya tubuh mengubah makanan menjadi energi yang penting untuk melakukan aktivitas rutin sehari-hari. 

Tubuh akan memecah makan yang dikonsumsi menjadi gula atau glukosa, kemudian akan dilepaskan ke dalam aliran darah. Saat itu, pankreas akan menerima sinyal untuk melepas insulin yang dapat menjadikan gula darah sebagai sumber energi.

Proses tersebut tidak dialami oleh penderita diabetes. Sebab ketika seseorang menderita diabetes, tubuh tidak memproduksi cukup insulin atau tidak dapat menggunakan insulin yang dibuatnya dengan normal.

Ketika tubuh tidak memiliki cukup insulin atau sel-sel berhenti. Merespons insulin, maka dapat menyebabkan masalah serius dalam kesehatan, seperti penyakit jantung, kehilangan penglihatan dan penyakit ginjal. Seperti dikutip dalam The HealthSite, Senin (1/8/2022).

Mengonsumsi Gula atau makanan yang manis bukan menjadi satu-satunya penyebab timbulnya penyakit diabetes. Penyakit ini juga dapat disebabkan dari makanan yang dikonsumsi juga gaya hidup yang diterapkan sehari-hari. Hal tersebut justru akan membuat Anda menjadi rentan menderita diabetes. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
09:22
02:07
02:34
04:41
02:33
02:15
Viral