Efek rokok terhadap bronkitis.
Sumber :
  • Freepik

Hati-hati! Ayah Perokok Aktif Dapat Sebabkan Balita Terkena Bronkitis, Ini Kata Ahli

Senin, 10 Oktober 2022 - 15:50 WIB

Surabaya – Selama ini sosialisasi terkait rokok hanya fokus pada bahayanya terhadap para perokok aktif saja. Namun jarang disinggung terkait bahaya rokok terhadap perokok pasif.

Padahal paparan zat berbahaya rokok juga berdampak negatif terhadap para perokok pasif. Salah satu bahaya yang mengancam adalah munculnya penyakit bronkitis.

Bronkitis merupakan peradangan saluran pernapasan bagian bawah. Penyakit ini ditandai dengan batuk berdahak yang mengandung banyak lendir, kesulitan bernapas, dan dada terasa sesak.

Namun peradangan ini diawali dengan munculnya keluhan pada saluran pernapasan bagian atas. “Seperti demam, pilek, batuk ringan yang semakin lama batuk akan menjadi semakin sering,” terang dr Retno Asih Setoningrum, Sp.A. (K).

Penyebab bronkitis umumnya berasal dari infeksi virus namun pada beberapa kondisi bisa diakibatkan oleh kuman. Bronkitis yang terjadi pada balita akan menimbulkan menumpuknya kuman pada saluran pernapasan, sehingga berisiko mengakibatkan bronkitis terjadi secara berkepanjangan.

Adanya paparan asap rokok akan meningkatkan risiko terjadinya bronkitis pada balita. “Sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa adanya paparan asap rokok secara pasif akan berisiko meningkatkan risiko terjadinya bronkitis,” jelas pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga tersebut.

“Tidak hanya itu saja paparan asap rokok pasif dapat memperparah kondisi saat terjadi bronkitis, sehingga mengakibatkan penurunan pertahanan saluran pernapasan,” imbuhnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:49
00:40
09:45
02:10
08:30
01:38
Viral