Ilustrasi Daging Sapi.
Sumber :
  • Pixabay

Meskipun Lezat, Makanan Ini Tidak Dapat Dikonsumsi Oleh Pengidap Kolesterol Tinggi. Berikut Daftarnya

Minggu, 23 Oktober 2022 - 14:39 WIB

TvOnenews.com, Kesehatan - Bukan untuk dihilangkan sama sekali, kolesterol juga dibutuhkan oleh tubuh untuk dapat bekerja dengan baik. 

Namun perlu berhati-hati apabila memiliki jumlah yang terlalu tinggi, akan menyebabkan penyakit lainnya.

Bagi pasien kolesterol tinggi diharuskan untuk menjaga asupan makan. Terutama dari sejumlah makan yang mengandung kolesterol tinggi. Seperti konsumsi daging merah dan produk susu. Benarkah demikian, mitos atau fakta?
“Fakta. Kenapa? Karena kalau Anda beli daging merah, Anda potong, Anda lihat. Di antara serat merahnya ada garis putih. Garis putih itu lemaknya, kolesterolnya. Jadi itu harus dihindari si daging merah itu,” ungkap Dr. dr. Samuel Oetoro, MSc, MS, SpGK(K), seorang Spesialis Gizi Klinik, dalam program acara Hidup Sehat, tvOne.

Untuk mengetahui kadar kolesterol Anda, saran dari dokter Samuel agar segera memeriksakan diri ke laboratorium. Setelah mendapatkan hasil dari laboratorium, kemudian dapat diketahui program yang cocok untuk dijalankan dengan anjuran dari dokter.

“Memang kolesterol itu dibutuhkan oleh tubuh buat pembentukan hormon. Tapi pada saat dia berlebihan, pembentukan hormon tetap jalan, tapi kemungkinan terjadi sumbatan pembuluh darah menjadi lebih tinggi,” jelasnya.

Selain itu, dokter Samuel menerangkan bahwa untuk menurunkan kolesterol diperlukan pola makan terbaik dengan cara menghindari makanan yang mengandung kolesterol tinggi. 

Otak, kuning telur, hati, apalagi usus, daging yang berlemak. Selain mengandung kolesterol tinggi, dia (daging berlemak) juga mengandung asam lemak jenuh yang tinggi, kalau diserap dia akan dibentuk menjadi kolesterol juga,” ujar dokter Samuel.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:33
01:15
01:45
08:58
01:43
08:40
Viral