Kecanduan game.
Sumber :
  • Freepik

Ciri-ciri Anak Kecanduan ‘Game’ dan 3 Cara Mudah Mengatasinya

Minggu, 11 Desember 2022 - 14:52 WIB

Kesehatan, tvOnenews.com - Maraknya fenomena kecanduan game di kalangan remaja Indonesia hari ini membuat para orang tua resah. Tak sedikit dari orang tua yang mengeluhkan anaknya sulit mengendalikan diri untuk selalu bermain game.

Mereka seolah melupakan aktivitas lain selain bermain game; lupa makan, lupa mandi, lupa tidur, lupa beribadah, bahkan mengalami perubahan psikis dan fisik.

Maka dari itu penting bagi para orang tua untuk mengetahui apakah anak sudah masuk dalam tahap kecanduan game, serta bagaimana cara mengatasinya.

“Pada pertengahan tahun 2018, Organisasi Kesehatan Dunia PBB atau World Health Organizations (WHO) resmi menetapkan game disorder atau kecanduan game sebagai penyakit gangguan mental,”  ungkap Tim Layanan Bimbingan Konseling  (BK) Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Surabaya, Ajeng Dianing Kartika, S.S, M.Hum dalam kegiatan upgrading bagi guru BK SMP di Mojokerto.

WHO merilisnya dalam International Statistical Classification of Diseases (ICD), yang berisi daftar penyakit lengkap dengan gejala dan penyebabnya. ICD ini digunakan oleh seluruh praktisi kesehatan di dunia sebagai standar internasional pelaporan penyakit.

Ciri-ciri Kecanduan Game

Dalam hal ini kecanduan game masuk dalam kategori disorders due to addictive behavior atau gangguan yang disebabkan oleh kebiasaan atau kecanduan.

Berita Terkait :
1
2 3 4 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
09:13
02:42
07:20
11:14
04:24
04:36
Viral