Ilustrasi penderita anemia.
Sumber :
  • Pexels/Andrea Piacquadio

Pentingnya Skrining Deteksi Anemia Sejak Dini

Sabtu, 7 Januari 2023 - 18:00 WIB

Jakarta - Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) mengatakan, sejak seseorang berusia sembilan hingga 12 bulan, bisa dilakukan skrining untuk mendeteksi anemia defiensi besi.

"Kemudian enam bulan setelahnya dan setiap tahun dari usia dua tahun sampai lima tahun yang berisiko tinggi terjadinya anemia defisiensi besi," ujar Dokter Spesialis Penyakit Dalam dr Dias Septalia Ismaniar, Sp.PD 

Pada dewasa, lanjutnya, skrining dapat dilakukan dengan pemeriksaan darah lengkap, terutama ketika seseorang dinyatakan hamil. Saat hamil, dia harus mulai rutin memeriksakan darahnya karena anemia pada ibu hamil cukup sering ditemukan.

Skrining berikutnya, ketika seseorang mulai sering merasakan keluhan seperti mudah lelah, mudah ngos-ngosan, pusing, pandangan sering berkunang-kunang, wajah terlihat lebih pucat, mata menguning, sering berdebar, mengalami sesak napas dan nyeri dada.

Skrining juga sebaiknya dilakukan mereka yang malnutrisi, sulit makan, infeksi kronik misalnya TBC dan autoimun, mereka yang mengonsumsi obat-obatan jangka lama seperti salah satu obat HIV, rhematoid arthritis, pasien kanker dalam kemoterapi.

Selain itu, mereka yang terdiagnosa penyakit tertentu misal penyakit ginjal kronik, penyakit liver kronik, adanya perdarahan aktif misalnya karena wasir terutama yang sering mengalami buang air besar berdarah, haid lama dan berkepanjangan dengan volume darah sangat banyak.

Dias mengingatkan, anemia dapat memberikan dampak buruk bagi tubuh terutama bila dibiarkan dalam jangka waktu lama. Komplikasi yang dapat terjadi misalnya penyakit jantung anemik, risiko infeksi, komplikasi kehamilan, kelelahan yang ekstrem dan lain-lain.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:06
01:46
08:21
03:43
06:21
13:18
Viral