Bawang putih.
Sumber :
  • Freepik/jcomp

Sejumlah Manfaat Menambahkan Bawang Putih pada Masakan, Turunkan Hipertensi hingga Kolesterol

Rabu, 11 Januari 2023 - 17:22 WIB

tvOnenews.com - Tidak hanya digunakan sebagai bumbu dapur, bawang putih ternyata memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan. Di antaranya adalah dapat membantu menurunkan kolesterol.

Beberapa penelitian sudah membuktikan bahwa senyawa yang terkandung dalam bawang putih, mampu mencegah banyak penyakit di dalam tubuh. Mulai dari membantu menurunkan tekanan darah atau hipertensi hingga turunkan kolesterol tinggi.

Dirangkum dari laman VIVA.co.id, sebagaimana melansir Everyday Health berikut beberapa alasan mengapa kamu perlu menambahkan bawang putih ke dalam masakan.


Freepik/rawpixel

1. Bantu turunkan kolesterol

Sebuah meta analisis dan tinjauan studi yang diterbitkan pada Mei 2018 di Medicine menyimpulkan, mengonsumsi suplemen bawang putih efektif menurunkan kolesterol total dan kadar kolesterol LDL (jahat) yang tinggi. Di mana keduanya merupakan faktor risiko penyakit jantung.

2. Mendukung fungsi kekebalan tubuh

Meskipun belum ada cukup bukti yang menunjukkan bahwa bawang putih mampu mencegah atau mengobati flu biasa, namun bawang putih berperan dalam mekanisme pertahanan tubuh dalam beberapa cara. 

Berita Terkait :
1
2 3 4 5 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:09
02:29
02:19
01:59
04:18
05:50
Viral