ilustrasi kolesterol.
Sumber :
  • shutterstock

7 Penyebab Kolesterol, Mulai dari Usia hingga Faktor Keturunan

Minggu, 22 Januari 2023 - 16:00 WIB

tvOnenews.com - Kolesterol menjadi salah satu penyakit yang kerap menghantui masyarakat kita. Sayangnya, sebagian orang tidak menyadari karena penyakit ini terkadang tidak menimbulkan gejala tertentu.

Akibatnya, banyak orang yang mungkin tidak menyadari jika mereka mempunyai kolesterol tinggi.

Melansir dari alodokter.com, kolesterol tinggi adalah keadaan di mana kolesterol dalam darah melebihi batas yang sewajarnya.

Perlu diwaspadai, pasalnya seseorang yang mempunyai kolesterol tinggi bisa saja terkena serangan jantung atau bahkan stroke.

Baik faktor keturunan dan yang berhubungan dengan gaya hidup berkontribusi terhadap seseorang terdampak kolesterol tinggi.

Dikutip dari Healtyeverydary berikut ini faktor dan penyebab seseorang bisa mengalami kolesterol tinggi,

1. Keturunan


Freepik

Memiliki riwayat keluarga dengan kolesterol tinggi atau penyakit jantung juga berarti Anda lebih mungkin memiliki kolesterol tinggi.

Meskipun relatif jarang, beberapa orang juga membawa kondisi genetik yang disebut hiperkolesterolemia familial, yang menyebabkan kadar LDL yang sangat tinggi pada usia muda dan, jika tidak diobati, dapat menyebabkan penyakit arteri koroner dan serangan jantung dini.

CDC memperkirakan bahwa 1 juta orang Amerika, atau sepertiga dari persen populasi AS, memiliki hiperkolesterolemia familial.

2. Kegemukan

Menurut CDC, obesitas - didefinisikan sebagai indeks massa tubuh (BMI) lebih dari 30 - terkait dengan kadar trigliserida, kolesterol HDL, dan kolesterol LDL yang lebih tinggi.

Meskipun orang yang dianggap kelebihan berat badan atau obesitas menggunakan skala BMI memiliki peningkatan risiko kolesterol tinggi, orang dengan BMI rendah juga dapat terkena kolesterol tinggi.

3. Diabetes


Freepik/vimaliss

Diabetes tipe 2 - kondisi kronis lain yang sensitif terhadap faktor gaya hidup, berat badan, dan metabolisme - juga dikaitkan dengan kolesterol HDL yang lebih rendah dan kolesterol LDL yang meningkat.

Menurut sebuah penelitian, alasan untuk hubungan ini hanya sebagian dipahami, tetapi perubahan dalam metabolisme insulin dan peradangan secara keseluruhan mungkin menjadi faktor yang berkontribusi.

Orang dengan diabetes tipe 1 juga lebih cenderung memiliki profil lipid yang berkontribusi terhadap penyakit jantung. 

4. Usia

Karena perubahan metabolisme yang berkaitan dengan usia, termasuk bagaimana hati menghilangkan kolesterol LDL dari darah, risiko kolesterol tinggi setiap orang meningkat seiring bertambahnya usia.

5. Jenis kelamin

Wanita di atas 55 tahun atau yang telah menyelesaikan menopause cenderung memiliki kadar kolesterol LDL lebih rendah daripada pria. Secara umum, pria cenderung memiliki kadar kolesterol HDL lebih tinggi daripada wanita.

6. Pola makan


Freepik/studioredcup

Makan makanan tinggi kolesterol, lemak jenuh, dan lemak trans diketahui berkontribusi terhadap kadar kolesterol tinggi. Sebagian besar produk susu hewani dan penuh lemak, dan minyak tertentu yang padat pada suhu kamar, mengandung lemak jenuh tingkat tinggi.

Dalam beberapa tahun terakhir, AHA telah berhenti secara eksplisit merekomendasikan terhadap kolesterol makanan, setelah menemukan bahwa itu tidak berkorelasi secara signifikan dengan risiko penyakit jantung. kolesterol.

7. Tingkat Aktivitas Fisik

Menurut AHA, sedikit atau tidak ada aktivitas fisik dalam kehidupan sehari-hari Anda dapat menurunkan kolesterol HDL, yang dapat mempersulit tubuh Anda untuk membersihkan kolesterol LDL di arteri.

Olahraga tingkat sedang hingga intens dapat meningkatkan kadar kolesterol HDL dan mengurangi ukuran partikel kolesterol LDL, sehingga tidak terlalu berbahaya. (rem/Mzn)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:28
00:58
06:16
01:54
01:38
10:26
Viral