Air Terjun Geopark Merangin.
Sumber :
  • Tim tvOne/Darlianto

11 Tahun Menanti, Akhirnya Geopark Merangin Resmi Ditetapkan Sebagai Unesco Global Geopark

Kamis, 25 Mei 2023 - 13:54 WIB

Merangin, tvOnenews.com - Selama 11 tahun menanti, Geopark Merangin akhirnya resmi ditetapkan sebagai Unesco Global Geopark setelah diumumkan pada sidang tahunan oleh Unesco yang digelar di Paris, Perancis, Rabu (24/5/2023).

General Manager Geopark Merangin, Agus Zainuddin menyebutkan, dari empat situs yang ada di Indonesia, satu diantaranya Geopark Merangin yang diagendakan lolos menjadi Unesco Global Geopark.

"Sidang tahunan Unesco kemarin, salah satu agendanya geopark yang lolos menjadi Unesco Global Geopark. Ada 18 di dunia yang lolos. Dari Indonesia ada empat salah satunya Merangin," ujar General Manager Geopark Merangin Agus Zainuddin, Kamis (25/5/2023).

Kata Agus, dengan ditetapkan sebagai Global Geopark Unesco banyak manfaatan bagi masyarakat dalam hal penumbuhan ekonomi.

"Dengan dianugerahkan kepada kita, tentu harus dikelola dengan baik, dimanfaatkan dengan baik, dijaga dengan baik, sehingga bermanfaat kepada masyarakat dan pertumbuhan ekonomi daerah," katanya.

Ia menerangkan, hal ini menunjukkan Unesco memberikan saran kepada pengelola maupun pemerintah daerah untuk mengekspos informasi yang belum banyak diketahui di area Geopark Merangin, seperti Gua Purba di kawasan Sungai Manau dan informasi gunung api.

"Unesco menyarankan untuk mengekspos terkait tempat yang belum diketahui di kawasan Geopark Merangin, ada empat Gunung Purba yang masih minim informasi seperti, Gunung Tungkat, Gunung Masurai, Gunung Ulu Nilo, dan Gunung Sumbing," terangnya.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:16
09:06
09:00
01:35
02:53
03:01
Viral