Ilustrasi - Sejumnlah wisatawan mengunjungi kompleks Candi Arjuna di Dataran Tinggi Dieng, Batur,.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/tom

Selama Pandemi Tren Berwisata Alami Perubahan, Harga Bukan Lagi Jadi Prioritas

Kamis, 25 November 2021 - 18:07 WIB

Jakarta - Deputi Bidang Pemasaran Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Nia Niscaya mengatakan bahwa tren berwisata saat pandemi Covid-19 telah mengalami perubahan.

Nia menyebutkan bahwa sejak pandemi frekuensi orang untuk bepergian mengalami penurunan. Namun, durasi waktu untuk tinggal di suatu tempat menjadi lebih lama.

"Sekarang frekuensi bepergian jarang tapi tinggalnya lebih lama kayak bisa lebih dari seminggu," ujar Nia dalam webinar pada Kamis.

Nia juga mengatakan saat ini masyarakat lebih nyaman bepergian dengan seseorang yang lebih dikenal dan tahu tentang riwayat kesehatannya.

Tak hanya itu, harga tiket sekarang tidak menjadi perhatian utama lagi. Menurut Nia, masyarakat lebih memilih transportasi yang menerapkan protokol standar kesehatan yang baik.

"Sekarang orang lebih nyaman kalau bepergian dengan yang sudah tahu temannya, dia sehat. Kalau dulu kan harga yang jadi perhatian pertama, sekarang protokolnya," kata Nia.

Dalam memesan tiket dan hotel masyarakat juga lebih banyak mencari yang terdapat jaminan uang kembali atau bisa mengatur jadwal ulang.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
09:13
02:42
07:20
11:14
04:24
04:36
Viral