Replika Candi karya Sunardi (50), Warga Tuksono, Sentolo, Kulon Progo, DIY, Minggu (28/11/2021)..
Sumber :
  • Tim tvOne - Ari Wibowo

Unik, Seorang Penambang Batu di Kulon Progo Sukses Membuat Replika Candi

Minggu, 28 November 2021 - 15:32 WIB

Kulon Progo, DIY - Seorang pria paruh baya warga Tuksono, Kecamatan Sentolo, Kabupaten Kulon Progo , Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) berhasil menyulap lahan bekas tambang menjadi bangunan mirip candi. Lokasi tersebut kini viral di media sosial dan banyak didatangi wisatawan. 

Lokasi bangunan mirip candi itu terletak di area perbukitan di wilayah Dusun Kaliwiru, Kalurahan Tuksono, Kecamatan Sentolo, Kabupaten Kulon Progo. Dulunya lokasi ini merupakan area pertambangan batu. 

Berawal dari keisengan menyusun batu, Sunardi (50) yang kesehariannya berprofesi sebagai penambang batu , berhasil membuat replika candi di lokasi bekas tambang.

"Saya bikinnya ini cuma iseng aja ya mas, jadi setelah kerja (menambang) atau pas libur itu, saya sering ke sana, ngumpulin batu kecil-kecil terus disusun aja, tau-tau udah jadi mirip candi kaya gitu," ujar Sunardi (28/11/2021).

Di tempat tersebut, terdapat 12 bangunan mirip candi yang terbuat dari susunan batu alam. Sekilas candi hasil kreasi Sunardi dengan tinggi antara 1,5 meter untuk yang paling kecil dan 4 meter untuk yang paling besar ini, mirip kompleks Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah. 

Pembuatan replika candi ini dimulai sejak dua tahun lalu. Menggunakan batu alam yang banyak ditemukan di sekitar Gunung Dayakan, Sunardi menyusun satu demi satu batu itu hingga menyerupai bentuk candi. 

Dalam prosesnya, Sunardi tidak menggunakan peralatan apapun. Termasuk bahan semen atau sejenisnya untuk merekatkan batuan. 

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
09:42
02:50
03:06
01:36
01:46
02:27
Viral