Menikmati Suasana di Perkebunan Teh Medini, Kendal.
Sumber :
  • Teguh Joko Sutrisno

Berlibur di Kebun Teh Medini Sambil Menikmati Sejuknya Udara dekat Gunung Ungaran Kendal

Selasa, 21 Desember 2021 - 09:38 WIB

Kendal, Jawa Tengah - Jalan-jalan di kebun teh menjadi pilihan menyenangkan bersama keluarga untuk mengisi waktu liburan karena hampir di tiap provinsi itu ada perkebunan teh. Seperti di Jawa Tengah. Di sini ada banyak kebun teh yang bisa menjadi alternatif pilihan untuk berlibur. Salah satunya Kebun Teh Medini di kawasan Gunung Ungaran, Kendal, Jateng. 

Lokasi Kebun Teh Medini tak begitu jauh dari Kota Semarang. Sekitar 30 kilometer ke arah barat daya. Aksesnya saat ini bisa ditempuh lewat kawasan wisata Nglimut Gonoharjo, Kendal. Namun meski jalannya sudah dibeton, tapi masih butuh pelebaran lagi.

"Iya ini, sudah bagus lah dibanding dulu. Sekarang sudah dibeton. Akan lebih bagus lagi kalau diperlebar sehingga mobil yang papasan bisa lebih leluasa," kata Rudi asal Semarang yang sedang nyeruput teh di gubuk bambu tepi jalur wisata.

Tapi jangan khawatir, meski jalannya agak sempit, semua terasa lega begitu sampai di kebun teh. Panoramanya cantik, dengan latar belakang Gunung Ungaran. Tiket masuk dijual di pos penjagaan seharga sepuluh ribu per orang.

Panorama di kebun sangatlah menawan hati. Ada beberapa bukit yang mengelilingi area perkebunan teh. Sesekali kabut turun menyelimuti. Beberapa satwa liar kadang terlihat melintas, seperti elang serta burung hutan lainnya. Salah satu burung endemik juga sesekali terbang di atas pepohonan, yaitu burung rangkong yang berparuh besar. Nah, kalau waktunya tepat, ada juga lutung atau siamang yang mendekat di pepohonan dekat kebun teh.

"Tapi harus mau jalan kaki agak mendekat ke hutan. Biasanya kalau lutung itu munculnya siang hari saat mencari makan buah-buahan dan pucuk daun," kata Imron, warga setempat yang sedang mencari ranting kayu di pinggiran hutan.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:57
02:32
01:28
04:58
01:44
02:05
Viral