Ikan Bandeng Kropok Dipanggang, Sayatannya Banyak Supaya Durinya Empuk.
Sumber :
  • Teguh Joko Sutrisno

Mencicipi Nikmatnya Bandeng Kropok Khas Pantura yang Rasanya Campuran Manis dan Pedas, Sueger!

Sabtu, 1 Januari 2022 - 08:47 WIB

Semarang, Jawa Tengah - Bandeng dikenal sebagai ikan yang sangat gurih dan tekstur dagingnya kesat. Apalagi jika dimasak dengan bumbu yang pas. Wah, bisa menambah kenikmatan menyantap bandeng.

Di Kota Semarang, Jawa Tengah, ada satu menu berbahan ikan bandeng yang cukup populer. Namanya bandeng kropok. Disebut begitu karena memakai bumbu kropok. Ini adalah racikan bumbu yang lazim dipakai oleh masyarakat pesisir di pantura dari Semarang hingga Demak.

Bumbu kropok berbahan cabai, bawang putih, bawang merah, kecap, dan air jeruk nipis, ditambah beberapa rempah. Racikan tersebut menghasilkan rasa pedas manis dengan aroma segar jeruk nipis.

Yang khas dari bendeng kropok lainnya adalah daging bandengnya disayat tipis-tipis dan banyak. Cara ini dipakai agar duri lembut yang banyak terdapat pada daging bandeng, tidak akan terasa saat dimakan.

Tempat yang paling asyik untuk menikmati bandeng kropok ada di area kuliner tambak, kawasan Anjasmoro, Semarang Barat. Di sini banyak tempat pemancingan bandeng sekaligus memasaknya menjadi bandeng kropok dan menu lainnya.

Tamu yang datang bisa mancing duluan, lalu hasilnya dimasak jadi bandeng kropok. Atau kalau nggak mau repot ya tinggal pesan matang, siap santap.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:59
02:00
01:32
25:54
04:20
02:33
Viral