Wisatawan bersepeda onthel menyusuri desa, di Kulon Progo, DIY.
Sumber :
  • Tim tvOne - Ari Wibowo

Serunya Wisata Keliling Desa dengan Sepeda Onthel di Kulon Progo

Senin, 10 Januari 2022 - 17:51 WIB

Kulon Progo, Jawa Tengah - Bosan dengan wisata yang terlalu mainstream, mungkin berwisata bersama keluarga di kabupaten Kulon Progo ini biasa menjadi referensi liburan anda, yaitu dengan mengunjugi wisata desa Towil Fiets tepatnya di desa Banguncipto, Kecamatan Sentolo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Tak hanya menikmati pemandangan alam pedesaan, wisatawan juga diajak berinteraksi dan mencoba berbagai aktivitas masyarakat sekitar mulai dari membuat tempe, ketupat , tenun hingga menanam padi. 

Wisata ini pertama kali di cetuskan oleh Muntowil (45) warga desa Banguncipto, Kecamatan Sentolo, Kabupaten Kulon Progo. Berawal dari hobi sepeda lawas , kemudian memperkenalkan wisata keliling desa dengan menggunakan sepeda.

"Awalnya saya hobi mengoleksi sepeda onthel, namun melihat potensi di desa saya kemudian mencetuskan wisata keliling desa menggunakan sepeda, tak hanya berkeliling desa saja namun wisatawan di ajak berinteraksi langsung dengan warga, selain itu mencoba berbagai aktivitas mulai dari membuat tempe, ketupat, tenun hingga menanam padi," ujar Muntowil, Minggu (9/10/2022).

Tak hanya wisatawan dalam negeri saja namun wisatawan mancanegara seperti Belanda, Australia Hingga Eropa sudah pernah kelokasi ini dan menikmati suguhan wisata ini.

" Untuk wisatawan tak hanya lokal saja namun wisatawan Mancanegara seperti Belanda, Australia hingga Eropa sudah pernah berkunjung ke wisata ini," lanjut Muntowil. 

Wisata yang digeluti Muntowil ini dirintis sejak tahun 2007 silam, tidak hanya sekadar berwisata namun ada nilai edukasi yang diberikan kepada wisatawan, mulai cara mencintai alam hingga tradisi masyarakat pedesaan yang sampai saat ini masih terjaga. 

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:59
02:00
01:32
25:54
04:20
02:33
Viral