Kawasan Candi Risan di Gunungkidul, DIY.
Sumber :
  • Tim tvOne - Lucas Didit

Wisata Sejarah Candi Risan, Arcanya Pernah Dijarah dan Ditemukan di Singapura

Selasa, 11 Januari 2022 - 12:50 WIB

Gunungkidul, DIY - Peradaban masa lalu, dari jaman pra sejarah hingga masa kolonial di Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta, masih tersimpan alami di tempatnya.

Tak terkecuali peninggalan masa Hindu-Budha berupa candi yang terdapat di berbagai pelosok di Gunungkidul. Meski demikian, bentuk dan struktur candi hampir semuanya tidak utuh, karena saat ditemukan sudah berupa reruntuhan.

Candi Risan adalah salah satunya. Candi yang ada di Kalurahan Candirejo, Kapanewon Semin ini, masih terbilang lebih lengkap dibanding candi-candi lain di Gunungkidul.

Terletak di kawasan pemukiman warga, Candi Risan tak lagi berbentuk utuh seperti candi pada umumnya yang sudah dipugar. Namun tumpukan batuan dan anak tangga, yang diperkirakan bekas muka candi, masih nampak jelas terlihat.

Candi Risan merupakan salah satu cagar budaya masa klasik, yang berasal dari abad IX-X Masehi. Catatan ini diketahui dari papan informasi yang dipasang di area candi.

Candi Risan sendiri memiliki luas area candi 2000 meter persegi, dan berada pada ketinggian 136 meter di atas permukaan air laut (mdpl).

Candi dengan corak Budha tersebut, terdiri dari dua bangunan berbentuk persegi, yang berderet dari utara ke selatan.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:57
02:32
01:28
04:58
01:44
02:05
Viral