Arung jeram dengan tubing di Sungai Kranji Kota Semarang..
Sumber :
  • Tim tvOne - Teguh Joko Sutrisno

Serunya Arung Jeram dengan Tubing di Sungai Kranji Semarang

Selasa, 1 Maret 2022 - 08:53 WIB

Semarang, Jawa Tengah - Kandri adalah sebuah kelurahan di Kota Semarang, JawaTengah. Lokasinya berada di pegunungan sisi selatan, masuk wilayah Kecamatan Gunungpati. Pemerintah Kota Semarang telah menetapkan Kandri sebagai salah satu kampung tematik dengan keunggulan sebagai desa wisata.

Salah satu yang menjadi andalan di Kandri adalah wisata susur sungai atau tubing. Lokasinya ada di Sungai Kranji. Arusnya cukup deras tapi masih dalam kategori moderat.

Wisata susur sungai dikelola oleh warga setempat yang tergabung dalam Pokdarwis Kandri. Para instrukturnya sudah terlatih dan akan memberi tips kepada peserta,  bagaimana mengarungi Sungai Kranji.

"Perlengkapan keamanan setiap peserta harus ya. Seperti memakai jaket pelampung helm dan pelindung tangan dan kaki. Sebab karakter Sungai Kranji selain berarus deras juga banyak bebatuan jadi mesti memakai pelindung," jelas instruktur.

Yang tak kalah penting adalah pemanasan dari peregangan hingga senam supaya badan fit dan stamina oke. Instruktur juga akan memberikan pengarahan, seperti bagaimana cara naik tubing atau ban truk yang sudah didesain menjadi pelampung untuk berarung jeram.

Yap! Waktunya berangkat menuju sungai.

Start ada di dekat bendung Sungai Kranji. Ada dua cara berarung jeram dengan tubing ini. Berombongan alias bergandengan  atau sendiri-sendiri. Yang pasti, harus ikuti arahan instruktur, sebab mereka sudah berpengalaman dan tahu kondisi medan Sungai Kranji. Tubing dari ban truk ini beda dengan perahu karet. Tubing tak punya sisi aerodinamis seperti perahu, sehingga akan berputar jika mengarusi arus deras.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
15:36
01:13
10:09
07:45
09:41
04:03
Viral